Unik, Kota Daeng Punya Tempat Nongkrong Ala Desa

352
Bagikan via

Tinggal di daerah perkotaan, tentunya Anda hanya akan melihat pemandangan gedung-gedung tinggi, banyak polusi, dan sangat sulit menghirup udara segar yang dikelilingi sawah-sawah nan hijau.

Nah, jangan khawatir, “Rumah Kecil” di Kota Makassar menyuguhkan Anda tempat nongkrong di ala desa yang terletak di Jalan Pannara Kelurahan Antang. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus melewati sebuah lorong kecil kawasan padat penduduk.

Pemilik Rumah Kecil, Haswadi HM, menceritakan kisah tempat wisata yang sudah ramai dikunjungi warga sejak 3 tahun belakangan ini.

“Awalnya dibangun sejak 10 tahun silam untuk keluarga, teman-teman dan sahabat. Jadi sifatnya lebih pribadi. Tapi karena didesak oleh kawan-kawan akhirnya dibuka untuk umum,” jelasnya saat ditemui di Rumah Kecil, Ahad (11/11/2018).

Ia menjelaskan, di Rumah Kecil ini terdapat sebuah proses penggambaran jiwa dan karya. Sebab, dulunya tempat ini kotor, bau, jorok dan tidak ada tumbuhan. Ia kemudian menghadirkan ruang kesenian dengan menyatukan tumbuhan dan hewan dalam satu lokasi.

“Tempat ini juga sebagai tempat bagi pecinta alam untuk berkreasi. Di sini juga terdapat ruang-ruang edukasi,” katanya.

Bukan hanya itu, nuansa Rumah Kecil juga sangat berbeda dari tempat nongkrong pada umumnya. Dimana, biasanya tempat nongkrong berlomba-lomba memasang Wifi untuk memikat para remaja, di tempat ini malah tidak disediakan fasilitas seperti itu.

“Rumah Kecil hanya menyediakan ruang diskusi, dialog, bercengkrama sambil menikmati kicauan burung dan suara alami dari persawahan,” ucapnya.

Adi menuturkan, manusia hidup sejatinya untuk mencari ketenangan. Itulah sebabnya, mengapa manusia butuh liburan dengan ke gunung dan pantai.

“Saya berharap Rumah Kecil ini menjadi sebuah alarm dan pengingat untuk kita semua. Tentang betapa pentingnya menjaga alam, betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Ketika kita dekat dengan semua, maka kita akan dekat dengan penciptaNya,” kisahnya.

Nah, buat warga Kota Makassar yang butuh referensi liburan berkualitas, Rumah Kecil bisa jadi salah satu referensi. Biaya masuk gratis, namun Anda diharapkan bisa memesan makanan.

“Makanan dijual mulai Rp5 ribu hungga Rp15 ribu dan dibuka mulai pukul 11.00-23.00 WITA,” ujar Adi.

 

Penulis: Irma
Editor: Indrawati

Leave a Reply