Sampah Pasar Parepare Menggunung, PT Pertamina Turun Tangan

172
Bagikan via

PAREPARE — Timbunan sampah yang berada di Pasar Lakessi, Kota Parepare kian meresahkan masyarakat setempat. Selain bau busuk yang menyengat, sampah yang menumpuk dan berserakan sangat merusak lingkungan dan pemandangan kota ini.

Alhasil, PT Pertamina khususnya Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kota Parepare pun turun tangan mengatasi permasalahan tersebut. Diawali dengan menggandeng salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, kesehatan dan lingkungan, yakni Yayasan Lestari mulia (Yasalam).

Kondisi ruas jalan di dalam Pasar Lakessi Parepqre dengan tumpukan sampah di sekitar. Dok.Yasalam

“Jadi kami coba rancang agar lingkungan di sana (Pasar Lakessi) bersih. Ini tahun pertama,” ungkap Junior Officer CSR & SMEPP, Denny Saputra Ramadhan kepada Timurindonesia.com, Selasa (6/11/2018).

Denny menjelaskan, program yang mulai dimunculkan ialah pengaktifan kembali Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang sebelumnya sudah ada di Pasar Lakessi, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal.

Kordinasi awal dengan pemerintah setempat maupun pedagang pasar bersama pihak Pertamina dan Yasalam beberapa waktu lalu. Dok.Yasalam

Pengelolaan sampah ini rencananya akan didesain secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Pasalnya, pihak Pertamina juga akan mencari lahan untuk memanfaatkan limbah pasar agar bisa diolah menjadi pupuk.

“Hasilnya juga kan bisa jadi pupuk cair atau padat, kami sementara cari lahan. Jadi ketika ada kebun maka bisa dimanfaatkan di sana,” tandasnya.

Pertemuan pedagang pasar dalam kordinasi awal bina pasar oleh PT Pertamina dan Yasalam beberapa waktu lalu. Foto: Dok.Yasalam

“Kami juga mau buat bersih-bersih pasar dan pantai akhir tahun ini,” tambahnya

Sebagai langkah awal, kordinasi dengan  pemerintah setempat telah dilakukan. Mulai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare, Lurah Lakessi, Babinsa, Kamtibmas dan pedagang pasar.

Senada, Pembina Yasalam, Ikrom Triyanto mengatakan, pertemuan perdana dengan warga pasar telah digelar yang menghadirkan Kantibmas Kelurahan Lakessi Nawir, Babinsa Lakessi Natsir, Perwakilan Pertamina yakni CDO Pertamina Siti Rafi’ah Darajat dan beberapa pembina Yasalam.

Sampah berserakan di Pasar Lakessi Parepare. Foto: Dok.Yasalam

“Pola fikir pedagang yang ingin kami ubah, bagaimana agar mereka lebih disiplin dan tertib memperlakukan sampahnya. Tidak membuang sembarangan yang bisa bikin jorok lingkungan sekitar,” papar Ikrom.

Disampaikan, sasaran utama kegiatan ini adalah pedagang-pedagang yang berjualan dan tinggal di wilayahan Pasar Lakessi.

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply