Nasi Uduk, Masakan Nusantara Kaya Rempah

14
Bagikan via

Nasi uduk dengan harga yang terjangkau dan disukai oleh semua kalangan sangat pas untuk dijadikan menu sarapan atau makan malam.

Nasi uduk hampir mirip dengan nasi lemak hanya saja menggunakan tambahan bumbu rempah-rempah yang khas. Nasi uduk dimasak dengan santan yang dibumbui dengan berbagai rempah seperti merica, serai, jahe, kayu manis dan juga pala. Inilah yang membedakan nasi uduk dengan nasi lemak.

Bahkan dalam penyajiannya nasi uduk menggunakan tambahan lauk seperti tahu goreng, telur dadar, abon, tempe kering , lauk seperti ayam goreng atau ikan lele,kerupu/emping, mentimun dan juga sambal kacang yang khas.

Nah, bagi anda yang ingin mencobanya membuat sendiri tidak ada salahnya anda membuat nasi uduk yang gurih. Selain itu juga anda dapat melengkapi hidangannya dengan bahan pelengkap yang komplit untuk disajikan ditengah kebersaam anda dengan keluarga.

Bahan Utama Nasi Uduk

– 300 gram beras,cuci hingga bersih. Sisihkan
– 450 ml santan kelapa kental

Bahan Bumbu Nasi Uduk

– 2 lembar daun salam muda
– 2 butir cengkeh
– 2 batang serai
– 2 cm kayu manis
– Merica secukupnya
– Pala bubuk secukupnya
– Garam secukupnya

Bahan Pelengkap Nasi Uduk

– Tahu
– Daging
– Telur
– Kerupuk
– Sambal Kacang

Cara Membuat:

1. Langkah pertama beras yang sudah dicuci bersih kemudian di kukus selama kurang lebih 30 menit
2. Lalu, sebari menunggu nasi di kukus , anda dapat mendidihkan santan, cengkeh, kayu manis, pala, daun salam dan serai.Masak hingga santan menjadi harum kemudian saring.
3. Lanjutkan dengan mencampurkan beras yang sudah dikukus tadi menjadi aron kemudian aduk hingga rata dan santan meresap.
4. Kukus hingga 45-50 menit hingga nasi lunak, angkat.

Penulis: Indrawati
Dari berbagai sumber

Leave a Reply