Hijab Bukan Hanya Identitas, Ia Kewajiban!

134
Bagikan via

Jilbab merupakan bagian dari syari’at yang penting untuk dilaksanakan oleh seorang muslimah. Ia bukanlah sekadar identitas, hiasan semata dan juga bukan penghalang bagi seorang muslimah untuk menjalankan aktivitas kehidupannya.

Menggunakan jilbab yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah wajib dilakukan oleh setiap muslimah, sama seperti ibadah-ibadah lainnya seperti shalat dan puasa yang diwajibkan bagi setiap muslim.

Ia bukanlah kewajiban terpisah dikarenakan kondisi daerah seperti dikatakan sebagian orang (karena Arab itu berdebu, panas dan sebagainya). Ia juga bukan kewajiban untuk kalangan tertentu (yang sudah naik haji atau anak pesantren). Berikut syarat yang harus dipenuhi dalam berhijab:

1. Menutupi Seluruh Tubuh

Hijab yang syari tidak diperkenankan ada bagian rambut yang terlihat, leher atau telinga yang terbuka, maupun mata kaki yang dapat dilihat. Begitu pula bagian dada yang perlu ditutupi secara sempurna. Ketentuan ini tertulis nyata dalamQ.S. Al-Ahzab:59.

2. Kain Hijab Dipilih dari Bahan yang Tebal dan Longgar

Baik kerudung yang menutupi kepala atau pakaian yang melindungi tubuh, dipilih dari bahan yang tebal. Karena bahan yang tipis akan tampak tembus pandang dan memperlihatkan aurat. Begitu pula dengan pilihan baju. Baju yang longgar dan tidak ketat, akan melindungi seorang wanita dari pandangan laki-laki lain yang bukan muhrim. Karena pakaian tersebut menyamarkan lekuk tubuhnya.

3. Memperlihatkan Kesederhanaan, Bukan Perhiasan

Islam menganjurkan para muslimah untuk tampil secara sederhana dengan tidak memperlihatkan perhiasan (yang berfungsi menambah keindahan) atau hal-hal tertentu yang membuat orang lain, terutama non muhrim, menjadi tidak menjaga pandangannya akibat merasa tertarik.

Mengenai hukum perhiasan ini terdapat banyak perbedaan pendapat. Oleh karena itu, seorang muslimah sebaiknya tidak menggunakan perhiasan berlebihan (hanya dipergunakan pada bagian-bagian yang bisa dilihat seperti tangan atau wajah) tanpa niat pamer, apalagi ingin dilihat atau mencari popularitas.

4. Tidak Menarik Perhatian

Dalam berhijab, seorang muslimah sebaiknya tidak melakukan atau menggunakan sesuatu yang mencolok pada gaya dan penampilannya karena akan menarik perhatian. Misalnya saja dengan tidak menggunakan pewangi atau parfum, berpenampilan hijab secara tidak layak seperti pakaian yang menyerupai wanita kafir, namun di kerudung. Atau secara sengaja mengenakan alas kaki yang menimbulkan suara agar dilihat dan berjalan dengan cara yang dibuat-buat agar menarik. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S An-Nur: 31. Indrawati

Manfaat Berhijab

a. Terhindar dari Pelecehan

Percaya atau tidak ini adalah manfaat menggunakan hijab yang tidak disadari oleh kaum hawa. Namun survei telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perempuan yang berhijab. Karena banyak pelecehan seksual terhadap kaum wanita merupakan akibat dari tingkah laku kaum wanita itu sendiri.

b. Mendapatkan Jodoh yang Baik

Ketahuilah bahwa pria yang sholeh merupakan dambaan setiap wanita mulia, begitu pula wanita sholeha adalah dambaan laki-laki mulia. Dengan mengenakan hijab para wanita akan dinilai sebagai wanita yang baik, sehingga otomatis jodoh yang baik pun akan segera mampir.

c. Mendidik untuk Berperilaku Baik

Berhijab tidak semata menutupi aurat, melainkan juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berprilaku baik sesuai kaidah agama. Yang dimaksud menjaga pandangan disini adalah bagaimana wanita menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa hijab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun jika seseorang telah memiliki niat berhijab, maka ia tentu akan berusaha untuk menjalankan perintah agamanya.

d. Terlihat Lebih Cantik

Wanita yang menggunakan hijab biasanya terlihat lebih cantik. Selain cantik secara sendirinya, tidak sedikit pria yang mengidamkan wanita yang menggunakan hijab. Banyak pria yang disurvei mengatakan bahwa salah satu kriteria istri yang akan dinikahi nanti adalah yang menggunakan hijab.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply