Dibuka Jokowi, Danny jadi Pembicara Workshop Summit Seminar Kota Sehat 2018

225
Bagikan via

BANTEN — Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membuka secara langsung Summit Seminar Kabupaten/Kota Sehat dan Expo di Hotel Novotel Tangerang, Banten, Ahad (4/11/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto didaulat sebagai pemateri pada seminar tersebut. Pria yang disapa Danny itu menyampaikan materi terkait Implementasi Kota Makassar sebagai kota Sehat.

Danny berkisah, penataan Makassar dimulai dari lorong-lorong sempit. Betapa tidak, angka lorong yang mencapai 7.520 lorong menjadi titik utama bagi Danny untuk menyulap Makassarenjadi lebih bersih dan sehat.

“Ibarat sel, lorong adalah bagian terkecil dari sebuah kota dan pemerintahan berfungsi sebagai otaknya. Jika lorong atau sel sakit, maka sakitlah seluruh tubuh atau kota dan pemerintahan itu,” umpamanya.

Keberadaan ribuan lorong ini tidak lantas menjadi boomerang bagi pemerintah Kota Makassar, namun justru dijadikan sebagai tantangan yang dinilai sangat strategis untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai lingkungannya.

“Sehingga jika lorong itu dilakukan penataan, sehat, maka sehatlah seluruhnya. Jika sehat, maka juga akan menjadi basis kekuatan perekonomian,” terang pria berkacamata itu.

Dengan demikian, lanjut Danny, akan memberikan efek yang begitu besar (multiplier effect) bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. (rls)

Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply