Cegah Kanker Serviks, Dinkes Makassar Target Imunisasi HPV Capai 100 Persen

306
Bagikan via

MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menargetkan 100 persen anak-anak berusia 11 tahun atau yang duduk di kelas V sekolah dasar mendapatkan imunisasi Human Pappiloma Virus (HPV) secara gratis sebagai upaya pencegahan kanker serviks sejak usia dini.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinkes Makassar, Dr Naisyah Tun Azikin kepada Timurindonesia.com sesaat setelah pencanangan Imunisasi HPV yang digelar di SD Sudirman, Jalan Sudirman Makassar, Jumat (3/11/2018).

Selain kepada murid SD, Naisyah mengatakan, imunisasi HPV juga akan menjangkau seluruh anak di Kota Makassar tanpa terkecuali, termasuk mereka yang tidak bersekolah.

Berdasarkan data Dinkes Kota Makassar, terdapat 515 anak yang belum mengenyam pendidikan di usia sasaran Imunisasi HPV.
“Mereka harus di jadikan sasaran harus kita cari dalam pemberian uji coba Vaksin HVP,” ucap Naisyah.

Pada pelaksanaanya, pemilihan Kota Makassar sebagai tahapan uji coba HVP berdasar pada tingginya pengidap kanker serviks. Namun, diharapkan kegiatan serupa bisa menjadi program nasional dan digelar di seluruh kabupaten/kota.

Olehnya, Plt Sekretaris Daerah Kota Makassar ini mengimbau seluruh orang tua yang memiliki anak berumur 11 tahun agar segera dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan vaksin HPV yang diberikan secara gratis.

“Walaupun sekarang masih pada capaian 80%, kami upayakan nantinya di Kota Makassar bisa mencapai 100%, dan menjadi hasil uji coba yang maksimal,” pungkasnya.

Laporan: Zulfahmi
Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply