Makassar Resmi Canangkan Imunisasi HPV pada Murid SD

177
Bagikan via

MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan secara resmi mencanangkan Imunisasi Human Papilloma Virus (HVP) di SD Negeri Sudirman, Jalan Sudirman, Jumat (2/11/2018).

Imunisasi HPV merupakan upaya pencegahan dini terhadap kanker serviks yang diperuntukkan bagi murid sekolah dasar yang sedang duduk di bangku kelas V atau tengah berusia 11 tahun.

Walikota Makassar, Ir H Mohammad Ramdhan Pomanto dalam sambutannya mengimbau, kiranya Dinas Pendidikan terus mendukung kegiatan ini agar mencapai target yang dibutuhkan, sehingga anak-anak sejak usia dini bisa sehat dan terhindar dari penyakit.

”Saya berharap agar keluarga besar Dinas Pendidikan menyukseskan program imunisasi ini, termasuk camat dan lurah mengajak kepada anak-anak kita di atas usia 11 Tahun untuk mengikuti sekaligus mendapatkan imunisasi HVP ini,” pintanya.

Betapa tidak, pria yang kerap disapa Danny ini menganggap program Imunisasi HPV dapat terlaksana dengan baik dan sukses jika kordinasi antara pihak pemerintah dan masyarakat lebih intens dilakukan. Termasuk ketika melibatkan TP PKK Kota Makassar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengungkapkan bahwa banyaknya akses informasi terkait perlunya menjaga kesehatan khususnya bagi anak perempuan di usia dini, maka semakin perlu lagi pencegahan lebih awal.

Pasalnya, alat reproduksi perempuan adalah daerah yang sangat sensitif dan rentang terhadap gejala penyakit kanker, maka dari itu pencanangan ini pun digelar

“Kurikulum mengenai sistem produksi sudah ada dan bukan lagi hal yang tabu. Pembelajaran soal ini harus disampaikan sejak sekarang ke anak-anak kita, jadi pada pencegahan penyakit yang bisa timbul pemerintah memberikan imunisasi HPV,” ungkap perempuanbyang juga menjabat sebagai Plt Sekda Kota Makassar.

 

Laporan: Zulfahmi
Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply