Kadis Kesehatan Makassar Tegaskan Pemberian Vaksin HPV Gratis

130
Bagikan via

MAKASSAR — Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menegaskan pemberian vaksin Human Pappiloma Virus (HPV) tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Pemberian vaksin ini merupakan salah satu upaya pencegahan kanker serviks di usia dini melalui perempuan yang berusia 11 tahun atau siswi yang masih duduk di bangku kelas V Sekolah Dasar.

“Kalau kita mendapatkan vaksin secara mandiri di luar, itu biayanya bisa mencapai 1,2 juta. Sekarang sudah bisa didapatkan gratis,” tegasnya pada kegiatan pencanangan demonstrasi program imunisasi HPV di SD Negeri Sudirman, Jumat (2/11/2018).

Untuk itu, ia berharap masyarakat di Kota Makassar yang memiliki anak perempuan berusia 11 tahun diimbau agar bisa ke puskesmas maupun posyandu untuk memperoleh vaksin tersebut.

“Jadi kita harapkan warga yang memiliki anak umur 11 tahun atau SD kelas lima segera ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin ini karena tidak semua kota/kabupaten di Indonesia menjadi program percontohan,” tuturnya.

Menurutnya, dosis pemberian vaksin HPV ini dilakukan sebanyak dua kali dan akan diulang pada tahun depan. Setelah uji coba ini, diharapkan tahun depan program ini dapat ditetapkan menjadi program nasional.

“Mudah-mudahan uji coba di Makassar mencapai 100 persen sehingga ini bisa menjadi program nasional sehingga semua daerah dapat,” tutupnya.

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply