Mie Titi, Menu Wajib bagi Para Pelancong di Makassar

15
Bagikan via

Mie Titi adalah sajian yang berasal dari Makassar. Penampilannya memang hampir mirip mie yang digoreng kering kemudian disiram dengan kuah kental seperti capcay. Mie titi ini adalah hidangan berasal dari Thionghoa yang sangat disukai oleh masyarakat umum (Makassar).

Kuahnya pun sangat mirip dengan capcay. Anda bisa menambahkan berbagai jenis sayuran di dalam kuahnya seperti wortel, sawi atau bunga kol. Untuk pelengkap lainnya Anda bisa menambahkan udang, bakso dan irisan daging ayam. Hampir sama bukan seperti capcay.

Konon asal muasal dari mie Titi ini awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Titi mulai terkenal sejak tahun 1970-an. Ang Kho Tjao memberikan pengetahuan tentang resep untuk tiga anaknya yaitu Hengky, ‘Awa, dan Titi.

Setelah Ang Kho Tjao meninggal, bisnis mie kering dilanjutkan oleh anak-anaknya secara mandiri. Titi itu adalah yang paling populer di Makassar, maka nama “Mie Titi” menjadi identik dengan mie Makassar kering Makassar. Mie Kering Di Makassar yang terkenal ada 4 yaitu Mie Titi, Mie Awa, Mie Hengky, dan Mie Anto.

Sejauh ini yang paling terkenal hingga ke nusantara adalah mie titi. Hingga kini sudah terdapat beberapa cabang di Makassar dan bahkan hingga ke Jakarta. Konon rasa dari mie titi ini cukup istimewa dan tak kan didapatkan pada mie lainnya.

Harganya pun cukup kompetitif, hingga saat tulisan ini dibuat untuk 1 porsi mie titi dijual seharga 15 ribu hingga 20 ribu rupiah. Sangat murah jika dibandingkan dengan cita rasanya yang istimewa.

Bahan Mie Titi

– Mie Telor 1 bungkus
– Daging ayam 250 gram
– Basko sapi/ayam 5 butir, iris sesuai selera
– Tepung maizena 3 sendok atau sesuai takaran kekentalan yang diinginkan
– Hati sapi 100 gram
– Sayur-sayuran (kol, sawi, wortel dan tomat)
– Daun seledri, Daun bawang diiris halus
– Udang secukupnya, diiris sesuai selera
– Telor 2 butir
– Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

– Bawang putih 3 siung
– Bawang bombay 1 siung kecil
– Bawang merah 1 siung
– Kemiri 1 biji
– Merica dan paprika bubuk
– Garam secukupnya

Bahan Pelengkap

– Bawang goreng
– Jeruk Nipis

Cara Membuat Mie Titi khas Makassar

*Untuk Mie

Taruh mie di baskom, siram dengan air panas. Diamkan kurang lebih 4 menit sampai mie terurai. Tiriskan. Goreng mie yang sudah tiris di wajan (biarkan mie terendam didalam minyak saat digoreng), sampai berwarna kecoklatan dan kering. Pisahkan.

*Kuah Siraman Mie

1. Rebus ayam hingga lembek, sisihkan air rebusan ayam untuk kuah mie. Daging ayam di iris2 kotak, sisihkan.

2. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, kalau sudah kecoklatan masukkan udang, ayam dan baso.

3. Masukkan sedikit demi sedikit air rebusan ayam sampai habis. Takaran kuah sesuai selera, biarkan sampai mendidih.

4. Setelah mendidih, masukkan sayuran dan tomat yang sudah dipotong-potong, biarkan beberapa saat.

5. Siapkan campuran tepung maizena yang diaduk dengan air, tuang perlahan-lahan kedalam kuah sampai tercapai tingkat kekentalan yang diinginkan.

6. Setelah kuah mengental, terakhir masukkan telur yang telah dikocok lepas dan langsung aduk kuah biar jadi terlihat berserat.

7. Masukkan irisan daun seledri dan bawang.

Cara Menyajikan Mie Titi

Siapkan piring, tempatkan mie goreng kering di piring saji. Tuangkan kuah diatas mie. Taburi dengan bawang goreng sajikan bersama jeruk nipis sesuai selera.

Penulis: Indrawati
Dari berbagai sumber

Leave a Reply