Bukan Negeri Dongeng, Bukit Teletubbies juga Ada di Barru

17
Bagikan via

Akhir pekan memang paling menyenangkan jika dihabiskan dengan liburan. Salah satu rekomendasi liburan yang asyik yaitu kamping di alam terbuka. Di Kabupaten Barru terdapat destinasi wisata yang unik bernama bukit Lakeppo atau yang biasa disebut sebagai bukit Teletubbies.

Terletak di Dusun Lakeppo, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, pengunjung akan sampai setelah menempuh perjalanan sekitar 30 km dari arah Kota Barru.

Bagi yang ingin liburan singkat tapi menarik, bukit Lakeppo di Barru bisa menjadi alternatif. Dari Kota Makassar menuju Kabupaten Barru, akses jalanan sudah sangat memadai baik menggunakan kendaraan motor atau mobil dengan jarak tempuh sekitar tiga jam.

Setelah sampai di Barru, pengunjung akan menempuh jarak 30 km lagi dengan melewati jembatan. Rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh akan terbayarkan dengan disuguhkannya berbagai pemandangan seperti sawah pematangan, air terjun, sungai, dan hawa dingin dari pegunungan.

Perlu diketahui bahwa kawasan bukit Lakeppo bukanlah sebuah tempat wisata, sehingga pengunjung tidak akan dikenakan biaya. Sebaliknya, kawasan ini termasuk dalam area perkebunan warga desa Libureng yang sangat menakjubkan.

“Sebelum memasuki bukit Lakeppo, pengunjung harus minta izin dahulu kepada pemilik kebun. Kami menyarankan untuk mematuhi peraturan sekitar terutama menjaga kebersihan selama berada di lokasi ini,” ujar Anggota Komunitas Instagtam Makassar, Faiz.

Faiz menambahkan, bukit Lakeppo serupa dengan bukit Teletubbies sehingga pengunjung bisa bernostalgia lagi tentang film yang terkenal pada tahun 90-an. “Sejauh mata memandang, hamparan rumput hijau, nuansa alam yang segar, dan desiran sungai sangat memanjakan mata,” katanya.

Bukit ini juga menjadi pilihan terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset. Sedangkan pada malam hari, pengunjung bisa menikmati pesona bintang yang bertebaran di langit Lakeppo.

Pohon Jomblo

Salah satu yang menarik di Bukit Lakeppo bagi wisatawan adalah pohon jomblo. Pohon ini merupakan satu-satunya yang tumbuh di hamparan rumput hijau sehingga sering dijadikan properti bagi pengunjung yang senang berfoto.

“Saya dan teman-teman suka sekali berfoto di pohon ini karena merupakan satu-satunya pohon. Biasanya kami suka buat gaya lucu-lucuan dan diupload di instagram,” ujar Faiz.

Editor: Indrawati

Leave a Reply