Muslimah, Ikuti Adab Ini Saat Gunakan Sosmed

66
Bagikan via

Tak dipungkiri semakin ke sini, teknologi makin canggih, kemajuannya melesat begitu cepat, apa yang tidak terpikirkan bahkan mungkin suatu hal yang mustahil 10 tahun yang lalu di hari ini menjadi hal biasa.

Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang kita rasakan hari ini adalah sosial media (sosmed). Sebuah akses komunikasi yang bisa menghubungkan kita dengan yang lain begitu cepat, tak peduli negara manapun itu, ditambaml;;lj p[h dengan biaya yang relatif murah.

Pada bahasan kali InsyaaAllah kita akan membahas etika dan adab memakai sosial media bagi muslimah, kecapatan informasi yang menyebar adalah salah satu keunggulan dari sosial media. Komunikasi via tulisan, visual dan video yang semakin mudah menjadi dua mata pisau bagi kaum muslimah, bisa sebagai jalan kebaikan sekaligus asbab keburukan. Berikut lima etika dan adab di sosial media bagi kaum muslimah, yang bisa menjadi inspiratif bagi sahabat Muslimah:

Adab Bergaul di Dunia Maya

Mengedepankan adab Islam, inilah salah situ sikap bijak dalam menggunakan akun jejaring pertemanan. Lantas bagaimana adab Islam memanfaatkan jejaring sosial dunia maya ini.

1. Dimulai dari niat

Sepertinya sepele. Masak mau facebookan saja harus pakai niat . Tapi kita memang harus memulainya dengan niat menebar kebaikan supaya jadi amal shaleh.

2. Menginspiratif

Isilah ‘status’ dalam jejaring sosial yang kita ikuti dengan kata-kata yang penuh inspirasi, bukan dengan kata-kata yang tidak jelas. Atau kalimat yang sekedar bilang ,”lagi kebeleeeet bangetssss.”

3. Selektif

Selektiflah dalam memilih teman dan dalam berkomentar.

4. Diperlukan kondisi ruhiyah yang baik

Karakter jaringan sosial adalah sangat bebas. Baik buruknya tergantung pemakai. Maka untuk terhindar dari efek negatif maka kita harus memiliki self control yang kuat. Untuk itu, interaksi dalam dunia maya memang mengharuskan memiliki kondisi ruhiyah yang baik.

Leave a Reply