Yuk, Nikmati Sensasi Unik Berenang Bersama Ikan!

12
Bagikan via

Bagi yang berminat berenang mesra bersama ribuan ikan, Anda bisa mengunjungi Tanjung Bintang di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Tanjung Bintang merupakan sebuah pulau kecil bebatuan yang bisa ditempuh kurang lebih 20-30 menit menggunakan perahu dari Desa Bahari Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara.

Salah satu warga Makassar, Muhammad Hamsir, sudah pernah menikmati destinasi ini. Ia mengatakan, jika dilihat dari kejauhan, wisata ini hanya sebuah gundukan batu besar yang ditumbuhi pepohonan.

“Di tempat ini ada ribuan ikan sedang dipelihara yang di antaranya ikan putih, katamba, maupun baronang yang telah berusia setahunan. Ada ribuan udang pula yang sengaja di pelihara di sekitar tempat itu,” katanya belum lama ini.

Mahasiswa Universitas Bosowa ini juga memaparkan, kelebihan lain yang dimiliki destinasi ini, pengunjung bisa berenang bersama ikan. Menurutnya, ikan-ikan di wisata ini semuanya jinak sehingga menambah daya tarik bagi pengunjung yang ingin bermain bersama hewan laut.

Hamsir menambahkan, di Tanjung Bintang, kita juga bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba yang indah. “Saya sudah dua kali ke tempat ini dan sangat suka. Waktu pertama kali ke sini, saya berenang dengan ikan,” tambahnya.

Selain itu, jika ingin menikmati suasana layaknya Raja Ampat, pengunjung tidak perlu jauh-jauh. Muhammad Hamsir mengungkapkan, di wisata yang luasnya sekitar 50 meter ini terdapat sebuah pasir putih.

“Hanya pasir di pinggiran pantai Tanjung Bintang agak kurang gugusan. Kalau ditambah sedikit maka sudah mirip Pulau Raja Ampat,” ungkapnya lagi. Isnaeni Dahlan/Indrawati
Sewa Perahu hanya Rp250 Ribu

Untuk menuju Tanjung Bintang dari ibu kota Kolaka Utara ini, pengunjung harus menggunakan perahu sejenis katinting dan semacamnya dari Desa Bahari.

“Untuk masuk tidak ada biaya. Cukup perahunya saja yang dibayar. Rp250 ribu satu kali masuk dan sudah bisa mengangkut sampai 30 orang sekali jalan. Saya baru-baru ini 23 orang,” jelasnya.

Tersedia Mushallah

Wisata Tanjung Bintang dilengkap dengan fasilitas beribadah bagi ummat Muslim. Karyawan PT Angkasa Global Consultan, Muhammad Hamsir mengatakan, saat ia dan rekan-rekannya ke wisata tersebut pekan lalu, telah ada mushallah yang dibangun.

“Ada masjid kecil yang berbahan kayu. Pembangunannya terapung. Meski kecil tapi tampak didesain mewah, disertai dengan perlengkapannya,” ujarnya.

Hamsir menambahkan, di Tanjung Bintang juga telah dibangun beberapa rumah inap pribadi. Selain itu, terdapat pula lampu penerangan yang dipasang di sekitar lokasi.

“Meski belum terjamah oleh Perusahaan Litsrik Negara (PLN), wisata ini dilengkapi keperluan menjalankan media elektronik berkat menggunakan mesin genset yang siap beroperasi semalam penuh,” jelasnya.

Editor: Indrawati

Leave a Reply