Ingat Negeri Akhirat, Ini Kelebihan Pilih Wisata Religi !

17
Bagikan via

Liburan adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Momen ini biasanya paling ditunggu sebagai masa paling menyenangkan untuk memanjakan diri.

Ada banyak sekali tujuan wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga seperti wisata bangunan atau arsitektur, wisata belanja, wisata edukasi, wisata alam, dan wisata religi.

Wisata religi ialah ketika seseorang memilih perjalanan wisata ke tempat yang memiliki sisi religi seperti tempat ibadah atau kawasan ziarah tokoh masyarakat, dan tentu saja wisata di dua kota suci seperti Makkah dan Madinah.

Pada awal permulaan Islam, telah disampaikan kepada ummat manusia khususnya di negara Arab bahwa Rasulullah telah melarang ummat Islam berziarah kubur. Sebagaimana yang diterangkan dalam hadits Nabi Shalallahu alahi wasallam yang artinya: “Aku telah melarang kamu sekalian berziarah kubur, kemudian Nabi mengizinkan berziarah kubur setelah itu.” (HR Ibnu Majah).

Abu Hurairah berkata: “Ketika Rasulullah berziarah ke kubur ibunya, beliau sempat menangis sehingga orang-orang yang di sekitarnya ikut menangis.”

Saat itu Rasulullah bersabda: “Aku minta izin kepada Tuhanku untuk memohonkan ampunan bagi bundaku, akan tetapi beliau tidak mengizinkan. Tetapi ketika aku meminta izin kepada-Nya untuk berziarah ke kubur bundaku, Tuhanku memberikan izin. Hendaklah kalian senantiasa berziarah kubur, sebab berziarah ke kubur akan mengingatkan kalian kepada kematian.” (HR Muslim).

Wisata religi dapat dilakukan sendiri, bersama keluarga, atau teman. Sehingga ketika seorang manusia berada di titik jenuh, berwisata religi sangat dibutuhkan agar energi positif di dalam diri bisa didapatkan.

Wisata ke Baitullah

Bagi mereka yang padat aktivitas, berwisata adalah salah satu solusi untuk menghibur jiwa yang penat. Misalnya melaksanakan ibadah umrah. Umrah adalah kegiatan ibadah yang tentu saja akan berefek terhadap kesehatan jiwa dan raga. Bagi orang beriman, beribadah di Tanah Suci sangatlah nikmat, sebab para jamaah pun bisa melakukan wisata dengan melihat tempat bersejarah, berbelanja, dan sebagainya.

“Orang-orang yang mengerjakan ibadah haji dan umrah adalah tamu-tamu Allah Ta’ala. Allah Ta’ala memberi mereka apa yang mereka minta, dan Dia mengabulkan semua doa mereka, kemudian Dia akan mengganti semua harta yang mereka belanjakan untuk-Nya, satu dirham menjadi sejuta dirham.” (HR Baihaqi).

Keutamaan Ibadah Umrah

1. Memperoleh ampunan Allah Ta’ala. Umrah ke umrah berikutnya adalah menutupi (kafarat) kesalahan-kesalahan yang terjadi di antara keduanya. (HR Bukhari dan Muslim).

2. Memperbaharui dan meningkatkan iman. Banyak hal luar biasa yang dialami oleh mereka yang berhaji dan berumrah. Misal, banyaknya orang mengambil air Zam-zam, tapi airnya tidak kering-kering. Padahal lokasinya tandus dan hujan jarang turun.

3. Di Makkah dan Madinah terdapat banyak tempat yang makbul bila berdoa. Di Makkah, antara lain Multazam, Maqam Ibrahim, Hijr Ismail, dan sebagainya. Kalau di Madinah ada Raudhah yang terletak di Masjid Nabawi.

4. Shalat di Masjidil Haram dan Madinah pahalanya sangat besar. Shalat di Masjidil Haram lebih utama dari shalat 100.000 kali di masjid lain, selain Masjid Nabawi dan Masjid Al-Aqsha. Shalat di Masjid Nabawi lebih utama dari shalat 1.000 kali di masjid lain, selain Masjidil Haram dan Masjid Al-Aqsha.

Penulis: Indrawati
Dari berbagai sumber

Leave a Reply