Ramuan Unik Si Kumis Kucing

126
Bagikan via

Rata-rata tumbuhan mengandung zat aktif yang berkhasiat sebagai obat. Zat tersebut berperan sebagai anti radang dan antioksidan dengan kandungan seperti rosmarinic acid, lipophilic flavonoids, sinensetin, orthosiphol dan orthosiphon.

Begitu pun dengan tanaman kumis kucing. Tumbuhan yang bernama latin Orthosiphon Stamineus ini sudah lama dikenal sebagai tanaman yang sanggup menyembuhkan berbagai penyakit. Hampir semua bagian tanaman kumis kucing bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, hingga batang.

Daun merupakan bagian yang paling banyak digunakan sebagai ramuan teh. Bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering. Selain berupa ramuan teh, dewasa ini ditemukan juga dalam bentuk tablet dan kapsul. Bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering, sehingga mampu memberikan efek kesembuhan yang lebih maksimal.

Tak hanya itu, berbagai penyakit pun dapat diobati dengan khasiat tanaman herbal yang satu ini. Tumbuhan ini dikenal dapat menyembuhkan masuk angin, sakit pinggang, diabetes, hingga batu ginjal. Air rebusan daun kumis kucing senantiasa dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ini.
Tumbuhan Tanpa Efek

Terkadang, tanpa disadari tumbuhan yang ada di jalan atau di pekarangan yang mungkin terlihat tidak menarik ternyata bisa menyimpan sejuta manfaat bagi manusia seperti kumis kucing. Dalam hal ini, sangat disayangkan jika menempuh jalur medis akan memakan banyak biaya, utamanya dalam proses penyembuhan penyakit kronis.

Berbagai macam penyakit sesungguhnya dapat diobati dengan tanaman herbal yang satu ini. Kumis kucing dikenal mampu menyembuhkan kencing batu. Cara kerjanya sebagai diuretik, mencuci atau membersihkan saluran kencing. Selain itu, zat aktif yang terdapat didalamnya juga bisa menyembuhkan peradangan yang terdapat pada ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing.

Manfaat Kumis Kucing

1. Melancarkan Pengeluaran Air Kemih

Jika seseorang sulit dalam proses keluarnya air seni, itu berarti saluran kencingnya sedang mengalami infeksi. Infeksi saluran ini bisa terjadi di saluran ginjal dan kandung kemih. Penyebab utamanya adalah adanya bakteri yang dinamakan escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia.

Upaya penyembuhan menggunakan daun kumis kucing, ambil 25 gr daun kumis kucing segar, rebus menggunakan 2 gelas air putih sekitar 15 menit. Minum ramuan disore dan pagi hari masing-masing ½ gelas.

2. Mengobati Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Ada beberapa cara tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini, diantaranya adalah rebus 5 helai daun kumis kucing serta daun meniran dengan 3 gelas air. Setelah dingin, minum ramuan tersebut tiga kali sehari masing-masing ½ gelas.

3. Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan.

Ambil 4 s/d 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar, rebus sampai menghasilkan ½ gelas. Minumlah tiga kali dalam sehari.

Penulis: Indrawati
Dari berbagai sumber

Leave a Reply