Kumpulkan Guru, Dinkes Makassar Genjot PHBS Sekolah

108
Bagikan via

MAKASSAR — Dinas Kesehatan Kota Makassar kembali menggelar sosialisasi sekolah sehat dengan sasaran para tenaga didik atau guru Sekolah Dasar di Kota Makassar di Aula Dinkes Makassar, Jalan Teduh Bersinar, Rabu (24/10/2018).

Sebelumnya kegiatan serupa digelar dengan sasaran kordinator Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di puskesmas di tempat yang sama.

“Kegiatan ini memang digelar secara kompleks dengan mengundang pihak-pihak yang terlibat dalam merealisasikan sekolah sehat, ada dari petugas kesehatan, dan untuk sekarang kami undang para guru,” ungkap Kepala Seksi Promosi Makassar, Namchar.

Namchar menyebutkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan taraf kesehatan sekolah melalui kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seluruh perangkat sekolah tanpa terkecuali agar peserta didik semakin belajar, tumbuh dan berkembang dengan kondisi sehat.

“Sekolah sehat adalah sekolah yang menyadari pentingnya pembangunan kesehatan di bidang promotif dan preventif, bukan hanya di bidang kuratif,” tandas pemateri, Yasmain Gasba.

Disapa Yas, yang juga Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kota Makassar menjelaskan, sekolah dan guru harus berperan penting untuk meningkatkan kualitas siswa dengan pola hidup sehat.

Namun diakui Yas, hal ini cukup terlambat lantaran masih banyak permasalahan yang mendasar di sejumlah UKS sekolah seperti PHBS.

“Sayangnya, belum mencapai tingkat yang diharapkan,” tandasnya.

Alasannya, berbagai masalah kesehatan anak di sekolah, dan terbatasnya sarana dan prasarana UKS yang tersedia.

“Anak anak perlu dibentuk aktivitas Fisiknya untuk menghindari penyakit tulang, seperti anak Jepang . Setiap pagi dan siang dilatih untuk senam olahraga, jadi setiap instansi terkait harus serius dalam menangani UKS setiap sekolah”, jelas Yasmain.

Laporana: Andi Gustiani
Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply