Debat Capres-Cawapres Diadakan Lima Kali, Begini Formatnya

79
Bagikan via
Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan/pontas.id

JAKARTA—Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan diselenggarakan sebanyak lima kali.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyusun format debat tersebut yakni debat capres dan debat cawapres. Pada saat debat capres dilaksanakan, wakil masin-masing calon presiden bisa meghadiri debat tersebut. Sebaliknya jika jadwal debat untuk wakil presiden, maka calon presiden juga bisa menyaksikan jalannya debat.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, dengan format seperti ini, semua calon bisa hadir. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut sebanyak lima kali, pihaknya juga sudah mengidentifikasi isu utama, panelis dan narasumber. “Jadi nanti kita akan undang berbagai pihak untuk merumuskan isu utama,” katanya di Kantor KPU RI, Jl. Imam Bonjol, seperti dilansir dari laman liputan6.com.

Terkait usulan debat di kampus, Wahyu mengatakan usulan itu akan didiskusikan saat rapat pleno bersama komisioner KPU lainnya. Pihaknya akan tetap merujuk pada PKPU terkait sembilan metode kampanye, salah satunya debat.

Menurutnya, jika audiens lebih banyak dari civitas akademi, itu bukan masalah. Yang terpenting debat tidak dilaksanakan di kampus.

 

Editor : Andi Amriani

Sumber : liputan6.com

 

Leave a Reply