Bunda, Yuk Ajak Si Kecil ke Tempat Umum

25
Bagikan via
Seorang ayah mengajak anaknya jalan-jala ke taman/foto traveling yuk

Pernakah, bunda atau ayah mengajak si kecil ke tempat umum ?

Orang tua dulu biasanya banyak larangan atau pamali jika mengajak anak bayi ke luar rumah. Berbagai alasan diantaranya, belum cocok udara luar untuk bayi, harus menunggu sampai usianya satu tahun, banyak virus yang bisa jadi hinggap pada si kecil.

Padahal, mengajak si ecil ke tempat umum untuk berjalan-jalan di luar rumah tidak bukan suatu masalah sebaliknya mendatangkan banyak manfaat di antaranya:

  • Berjalan-jalan, terutama pada pagi hari, akan membuat bayi mendapat vitamin D tambahan dari sinar matahari.
  • Memberikan bayi kesempatan untuk menghirup udara segar (namun pastikan usia bayi setidaknya sudah lebih dari 6 minggu, dan jangan bawa ia ke tempat yang terlalu ramai, karena ia masih sensitif terhadap kuman).
  • Membiasakan Si Kecil untuk jalan-jalan ke tempat umum akan mengurangi kecemasannya saat berada di luar rumah.
  • Waktu berjalan-jalan bersama Si Kecil bisa dijadikan kesempatan untuk Parents berinteraksi dan ‘bonding’dengan Si Kecil.

Jika jika orang tua menunggu hingga si kecil berusia di atas 6 bulan, malah sebenarnya orang tua sudah bisa membawa si kecil jalan-jalan ke tempat yang lebih ramai, seperti misalnya ke restoran.

Manfaatkan momen ini untuk memperkenalkan si kecil dengan suasana selain di rumah.

Misalnya, pada cahaya dan bunyi-bunyian yang berbeda, atau pada orang-orang baru, jika orang tua mengajaknya bertemu teman atau kenalan

Dengan demikian, orang tua juga dapat mengobati rasa jenuh karena selalu berkutat di rumah pasca melahirkan.

Yang cukup menjadi masalah jika berpergian ke luar atau tempat umum adalah urusan BAK/BAB si Kecil, tak semua tempat menyediakan nursery room. Apalagi jika Si Kecil termasuk anak yang aktif dan sulit diganti popok di tempat biasa.

 

 

Editor     :  Andi Amriani

Sumber : theasianparents

Leave a Reply