Punya Ruang Keluarga Sempit? Yuk, Intip Cara Desainnya..

258
Bagikan via

Rumah Islami selalu memiliki motto “Kebersihan sebagian dari iman,” begitu pula ketika memadukan keindahan dengan kebersihan yang menjadi bagian dari Islam. Salah satu bagian dari rumah ialah keberadaan ruang keluarga yang dianggap sebagai tempat dimana anggota keluarga sering bertemu, terutama pada pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Ruang tersebut bisa digunakan bersantai dan bercengkerama sambil nonton televisi bersama keluarga. Oleh karenanya, ruang tersebut harus dibuat se-nyaman mungkin agar hubungan antar anggota keluarga semakin harmonis, terutama hubungan orangtua dan anak.

Ruangan penuh cinta ini harus dipikirkan konsep desainnya, serta penataan yang memberikan kenyamanan saat keluarga berkumpul. Berikut cara mendesign ruang keluarga yang sederhana:

1. Pilih Furnitur Multifungsi

Menciptakan suasana yang lebih leluasa dan nyaman, sebaiknya pilihlah perabot atau furnitur yang sifatnya multifungsi. Misalnya kursi yang bisa dipakai sekaligus untuk rebahan. Kurangi penggunaan furnitur yang fungsinya hanya sebagai penghias ruang, hal ini akan membuat ruang keluarga terasa semakin sempit.

2. Furnitur Sederhana

Pilihlah furnitur dengan bentuk sederhana, utamakan yang berbentuk persegi. Misalnya, untuk kursi lebih bagus menggunakan kursi sofa yang bisa diletakkan pada pojok ruangan.

3. Gunakan Warna Cerah

Dinding dan plafon sebaiknya menggunakan warna cerah, karena warna tersebut mampu menciptakan suasana yang lebih lapang atau luas. Jika menggunakan paduan dua warna, pilihlah yang benar-benar serasi. Jangan memakai warna kontras, karena kombinasi warna tersebut hanya cocok untuk ruang berukuran besar.

4. Gaya Minimalis

Untuk gaya dan desainnya, ruang keluarga sederhana lebih cocok memakai gaya minimalis. Jadi pilihlah perabot, lampu, hiasan dan pernak-pernik lainnya dengan konsep yang sama.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply