Almond, Cemilan Enak Kaya Manfaat

211
Bagikan via

Kacang almond merupakan salah satu superfood (istilah untuk makanan yang mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan). Almond memiliki sumber nutrisi penting seperti vitamin, mineral, asam lemak, serta serat makanan yang diperlukan untuk otak dan tubuh yang sehat.

Kacang almond mengandung banyak nutrisi, antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E. Kacang almond juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc.

Almond salah satu jenis kacang dengan rasa yang enak. Selain rasanya, manfaat kacang almond juga dapat membantu menangkal berbagai penyakit berat. Dengan mengonsumsi segenggam almond setiap harinya, maka asupan protein akan tersedia, sehingga mencegah dari rasa lapar yang berlebihan. Dalam hal ini, sebaiknya konsumsilah almond saat perut kosong untuk memastikan penyerapan nutrisi.

Memang komunitas almond tidak dihasilkan di Indonesia, namun bisa ditemukan di daerah Timur Tengah seperti Iran, Arab Saudi, Lebanon, Turki, Suriah, Yordania, dan Israel. Namun makanan yang sering dijadikan cemilan ini masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Berikut manfaat mengonsumsi almond:

1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi almond secara teratur bisa membantu menjaga kadar kolesterol karena membantu meningkatkan protein high density lipoproteins (HDL) atau kolesterol baik dan menurunkan jumlah protein low density lipoproteins (LDL) atau kolesterol jahat.

2. Perkembangan Otak

Jika ingin memiliki memori yang baik, konsumsilah 4-5 almond setiap hari karena bisa membantu mempertajam memori.

3. Kesehatan Kulit

Minyak almond digunakan secara luas untuk perawatan kulit. Kulit manusia cenderung kehilangan minyak esensial, karena adanya aktivitas sehari-hari dan kekeringan kulit pada musim dingin. Minyak almond bisa memberikan keajaiban bagi kulit dengan mengembalikan kemilau yang hilang.

4. Mencegah Sembelit

Almond merupakan sumber makanan yang kaya akan serat. Dengan demikian, almond mampu membantu mencegah sembelit dan membantu kinerja gerakan usus.

5. Perlindungan terhadap Diabetes

Almond berfungsi untk mengontrol kenaikan gula darah dan tingkat insulin yang tidak diinginkan setelah makan, sehingga berfungsi sebagai dinding pelindung terhadap diabetes.

6. Perkembangan Janin

Asam folat dalam almond memainkan peran penting dalam pertumbuhan yang sehat dari sel dan jaringan. Almond bisa bertindak sebagai sistem pertahanan yang kuat terhadap cacat lahir. Oleh karena itu, almond sangat diperlukan untuk pertumbuhan janin yang sehat.

Penulis: Indrawati

Dari berbagai sumber

Leave a Reply