Tips Pilih Jilbab Sesuai Bentuk Wajah

130
Bagikan via

Islam adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan. Dimana kecantikan itu berupa kecantikan maknawi seperti kecantikan jiwa, akhlak, sifat, dan sikap. Sehingga dalam Alqur’an, kecantikan wajah atau penampilan fisik pria maupun wanita jarang disebutkan. Sebab kecantikan sesungguhnya menurut Alqur’an ada pada akhlak yang baik.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan bahwa wanita shalehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Dari Amr ibnu ra: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah.” (HR Muslim, Ibnu Majah, dan An Nasai).

Terlepas dari itu semua, menjamurnya busana Muslimah yang semakin trendy dan modis ternyata telah mengubah cara berpakaian wanita Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, pemakaian hijab pun sangat variatif bentuknya sehingga semakin menunjang kecantikan wanita Muslimah.

Banyaknya desaigner yang membuat hijab fashionable tanpa meninggalkan unsur syar’i, akan membuat muslimah selalu tergerak mengikuti trend yang sedang populer.

Melalui media sosial seperti youtube dan instagram, para Muslimah dapat dengan mudah mendapatkan tutorial hijab. Namun yang perlu diketahui bahwa tidak semua bentuk hijab cocok dengan wajah. Penggunaan hijab sesuai dengan bentuk wajah akan mempengaruhi rasa percaya diri saat bertemu keluarga atau teman.

Jenis Jilbab Sesuai Wajah

1.Jilbab Wajah Bulat

Pemilik wajah bulat harus cermat dan tepat memilih jenis jilbab yang akan dikenakan. Sebab, jika salah pilih, wajah akan terlihat kembung dan gemuk. Untuk yang berwajah bulat, jilbab bisa disiasati dengan undercaps (topi) yang mudah ditemukan di pasaran. Biasanya jilbab instan sudah dilengkapi topi.

2.Jilbab Wajah Lonjong

Untuk yang berwajah lonjong atau panjang, turkish style adalah mode yang paling pas dikenakan, karena akan memberikan kesan penuh dan lebih padat bagi wajah yang panjang.

3.Jilbab Wajah Persegi

Untuk yang berwajah persegi sebaiknya gunakan jilbab rounded shape yang akan membingkai wajah menjadi lebih lembut dan menghilangkan garis-garis tajamnya. Hindari menggunakan warna keras dan mencolok. Gunakan warna soft atau layer sehingga wajah terlihat lebih full.

4.Jilbab Wajah Oval

Bagi yang berwajah oval, Anda bebas menggunakan berbagai macam style jilbab. Tinggal dipadukan saja mana yang pas dengan warna kulit dan baju yang dikenakan. Sekejap Anda akan menjadi lebih anggun dan manis.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply