Mata Panda Menggangu? Ini Tipsnya…

73
Bagikan via

Apa itu mata panda? Bagi wanita tentu istilah ini tak asing lagi. Mata panda atau kantung mata adalah pembengkakan ringan yang mengakibatkan kulit kendor, berwarna kehitaman, serta cenderung mengganggu penampilan terutama bagi seorang wanita.

Penyebab munculnya kantung mata sendiri cukup beragam. Menurut para ahli kesehatan, seseorang yang kurang tidur mereka akan memiliki hormon melanin lebih banyak.

Hormon inilah yang bisa memicu munculnya mata panda dan penuaan dini. Selain kurang tidur, beberapa kondisi lain seperti anemia, dehidrasi, terpapar sinar matahari, alkohol, merokok, dan penggunaan make up berlebihan juga bisa dikaitkan sebagai penyebab mata panda.

Meskipun sudah banyak yang mengalami, namun sampai saat ini ternyata cara menghilangkan mata panda belum banyak diketahui. Kantung mata atau mata panda sebenarnya dapat dihilangkan dengan make up, namun itu bukanlah cara permanen. Untuk menghilangkan dengan cepat dan permanen, anda dapat menggunakan berbagai bahan alami.

1. Kompres Es Batu

Pernah menonton pertandingan tinju? Ketika break petinju akan dikompres menggunakan washlap dengan ember yang berisi es batu. Setelah diteliti, ternyata sifat es yang dingin mampu memberikan kesegaran kulit. Dengan demikian, es batu terbukti cukup efektif menghilangkan mata panda.

2. Masker Kentang

Kandungan natrium pada kentang dapat meningkatkan pH yang asam dalam tubuh sehingga elastisitas kulit kantung mata dapat terus terjaga. Peremajaan pada kulit kantung mata ini akan menyamarkan kantung mata yang hitam. Kandungan lain seperti vitamin B1 dan kadar air yang tinggi, menjadikan kentang dapat memberikan kesejukan pada kulit sekitar mata.

3. Masker Bengkoang

Masker bengkoang diperkaya dengan kandungan vitamin C dan B1 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat memutihkan kulit secara alami. Namun selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami.

4. Irisan Mentimun

Mentimun banyak mengandung zat halitosis yang akan memberikan kesejukan pada mata dan kulit sekitar area mata. Selain itu kandungan asam malonat dalam mentimun dapat menurunkan gula, sehingga mencegah penumpukan gula yang dapat menjadi lemak pada bawah mata.

5. Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan mineral alami yang cukup lengkap. Ada mineral alami kalsium, magnesium, asam folat, kolagen, dan masih banyak lagi. Kandungan kolagen inilah yang mampu mengencangkan area sekitar mata sehingga bisa dimanfaatkan mengatasi mata panda.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply