Keren.. Grand Canyon Mini Hipnotis Wisatawan di Gowa

74
Bagikan via

Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) juga punya Bendungan Kampili yang sayang untuk dilewatkan. Bendungan ini dipenuhi bebatuan besar dan arus air yang menjadikan bentuknya semakin unik. Sehingga bagi warga Makassar, destinasi Sulsel satu ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur.

Bendungan yang terletak di Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa ini selalu di kunjungi pemuda untuk sekadar duduk santai atau ingin berfoto di bebatuan yang mirip Grand Canyon Sungai Colorado, di utara Arizona. Celah-celah bebatuan yang besar membuat tempat ini tampak sangat unik.

“Pas lihat tempat ini, merasa wah, ternyata di sekitar Makassar ada tempat seperti ini. Saya suka sama batu-batunya dan air yang deras walau tidak bisa dipakai berenang tapi foto saja sudah cukup memuaskan,” ujar Hayul pengunjung asal Kendari.

Keindahan bebatuan di bendungan Kampili dapat terlihat saat musim kemarau, karena tidak ditumbuhi lumut dan air sungai yang tidak keruh.

Saat musim kemarau, masyarakat banyak berdatangan untuk mengabadikan momen, bahkan ada yang sengaja untuk mengabadikan foto pra weeding di tempat ini.

“Banyak orang yang datang untuk foto-foto, ada juga yang bawa kamera terus foto pra wedding dengan membawa proprerti kayak bunga dan baju gaun,” ujar Hayul.

Ditempuh Hanya 45 Menit

Jarak tempuh untuk sampai di bendungan Kampili dari Kota Makassar, sekitar 45 menit. Sedangkan jika dari Gowa bisa ditempuh kurang lebih 30 menit.

“Satu motor yang masuk harus bayar Rp2.000. Di dalam masih bayar parkir Rp2.000, jadi cuma Rp4.000 uang yang keluar. Kalau mobil Rp4000 atau Rp5.000,” ujar tukang parkir, Akbar.

Masyarakat sekitar berinisiatif meraup rupiah dari bendungan Kampili. Mereka pun, menyediakan air dan makanan ringan untuk pengunjung.

Dikatakan pula oleh Hayul, sepertinya, Pemerintah Kabupaten Gowa belum melihat Bendungan Kampili sebagai aset daerah. “Belum ada pemerintah yang datang, warga di daerah ini yang jadikan destinasi wisata dan memberikan tarif untuk pengunjung yang hadir. Bagus juga kalau ditata dengan baik dan kelola dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Indrawati

Leave a Reply