Yuk, Icip Bakso Khas Malang ! Kriuknya Beda Lho..

242
Bagikan via

Sebagai pecinta kuliner pasti sudah tahu berbagai macam jenis bakso dan tentu sudah banyak yang Anda kenal. Bakso yang sering dinikmati adalah bakso Solo dan bakso Malang.

Bakso Malang merupakan bakso yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Kondisi lingkungan di Kota Malang yang dingin telah membawa dampak terhadap kuliner khas kota tersebut. Ciri khas kuliner dari Kota Malang adalah makanan yang hangat, salah satunya yaitu bakso Malang.

Keunikan atau perbedaan yang dari bakso Malang dengan bakso-bakso lainnya yaitu dari bahan pelengkapnya. Bahan pelengkap yang digunakan untuk Bakso Malang ada kulit pangsit dan tahu gorengnya, sedangkan bakso lainnya tidak ada.

Meskipun penjajak bakso di Indonesia sangat banyak, namun tetap saja bakso adalah makanan idola Nusantara. Nama bakso dikenal juga dengan pentol seperti di Kalimantan. Segarnya kuah yang hangat dan kenyalnya bakso serta kriuknya pangsit yang ada dalam bakso Malang sangat menggugah selera nafsu makan kita.

Olehnya, daripada menanti pedagang bakso Malang yang lewat di depan rumah, lebih baik membuatnya sendiri untuk keluarga tercinta. Selain enak, kebersihannya juga terjamin.

Cara membuat bakso Malang tidak jauh beda dengan membuat bakso lainnya. Bahan dan alat yang digunakan sangat mudah di dapat di pasar atau swalayan. Selain itu harganya juga terjangkau, sehingga tidak terlalu menguras kantong.

Bahan Bakso Malang:

– 350 gr daging sapi yang segar
– 50 gr tepung sagu
– 100 cc air es
– 1 butir telur
– 4 siung bawang putih
– 1/2 sdt merica
– 3 sdt garam

Bahan Kuah Bakso Malang:

– 2 liter air
– 600 gr lutut sapi/tulang sapi
– 6 siung bawang putih
– 1/2 sdt merica
– 2 batang daun bawang, iris
– 3 sdt garam

Bahan Pelengkap Bakso Malang:

– 10 lembar kulit pangsit, goreng
– 150 gr mi kuning basah
– 10 tahu goreng, serong, toreh sedikit
– Bawang goreng secukupnya
– Sambal rebus

Cara Membuat:

1. Haluskan bawang putih, merica, dan garam. Giling daging hingga halus. Campur dengan tepung sagu, bumbu halus, telur, dan air es. Aduk rata sambil dibanting-banting. Ambil 1/3 adonan untuk isian tahu. Didihkan air, lalu matikan apinya. Buat bulatan bakso dua macam, satu besar, dan satu kecil. Celupkan dalam rebusan air. Lakukan sampai habis.
2. Masak kembali hingga baksonya mengapung, angkat, lalu tiriskan.
3. 1/3 adonan bakso masukkan dalam tahu. Kukus sebentar.
4. Buat kuah: haluskan bawang putih, merica, dan garam. Didihkan air, bumbu, dan tulang, masak hingga mendidih, saring. Taburi daun bawang, angkat.
5. Siapkan mangkuk, tata mie, bakso, dan tahu. Tuangi dengan kuahnya, taburi daun bawang, dan bawang goreng.
6. Sajikan dengan pangsit goreng dan sambal rebus.
7. Nikmatilah bakso Malang buatan Anda selagi hangat bersama orang tersayang.

Leave a Reply