Indahnya Panorama Alam di Pantai Manakarra

132
Bagikan via

Pantai Losari mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Sulawesi Selatan. Namun tahukah Anda, ternyata di Mamuju, Sulawesi Barat juga punya pantai yang mirip dengan Anjungan di Kota Makassar bernama Pantai Manakarra.

Salah satu warga Makassar, Dedi Eka Saputra, pernah berkunjung ke pantai yang merupakan bagian dari teluk Mamuju ini. Baginya, destinasi wisata di tempat ini sering dikunjungi anak muda sama seperti Pantai Losari di Makassar.

“Tapi bukan hanya anak muda, banyak juga orangtua atau pasangan suami istri yang sering berkunjung,” ujarnya kepada Amanah Weekend, belum lama ini.

Menurut Dedi, banyak hal yang bisa dinikmati di Pantai Manakarra. Salah satunya adalah keindahan pantai yang memiliki panorama alam yang akan memikat pengunjung.

“Keindahan Pantai Manakarra bertambah dengan latar belakang Pulau Karampuang,” tukasnya.

Seperti diketahui masyarakat umum, Gong Perdamaian Nusantara hanya dibuat lima unit. Di antaranya di Yogyakarta, Kupang, Singkawang, Palu, dan Serdang Bedagai. Namun gong perdamaian juga ada di Mamuju yang diletakkan di depan Pantai Manakarra.

Dari data yang terhimpun, Gong Perdamaian Nusantara ini dimaksudkan sebagai simbol yang diharapkan melahirkan keharmonisan antar semua golongan.

“Menurut informasi, gong ini dibuat sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sebuah institusi kemasyarakatan internasional terbesar yang beranggotan lebih 200 negara,” jelasnya.

Selain panorama dan keunikannya, pengunjung juga bisa menikmati hangatnya kopi atau segarnya buah kelapa yang dijajakan di warung-warung sepanjang pantai.

Sedangkan, untuk menuju obyek wisata Pantai Manakarra ini, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

Pengunjung dapat memulai perjalanan dari Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat. Dari bandara udara tersebut perjalanan dilanjutkan menuju Pantai dengan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Payung Raksasa Mirip di Madinah

Jika payung raksasa hanya dikenal berada di Masjid Nabawi Kota Madinah Al Munawwarah, pemandangan yang sama juga bisa ditemukan di Pantai Manakarra.

Menurut wisatawan yang pernah berkunjung, Dedi Eka Saputra, di Pantai Manakarra terdapat beberapa hiasan berupa payung raksasa. Itu membuat pengunjung seolah berada di Madinah.

“Ada payung raksasa juga. Jadi kalau belum cukup dana untuk menginjak Madinah, bisa ke pantai ini merasakan sensasi seperti berada di Madinah,” ujarnya.

Deksa panggilan akrabnya menjelaskan, payung raksasa itu berjumlah belasan yang berupa tiang dan di atasnya bak payung terbaik melebar.

Alumni Seni Rupa Universitas Negeri Makassar (UNM) ini menambahkan, pantai ini selalu ramai dikunjungi pada sore hari mulai dari pukul 16.30 hingga 24.00 WITA. “Jika berada di sana dan kebetulan lagi panas matahari, payung raksasa itu menjadi alternatif untuk berteduh sambil menikmati pantai,” terangnya.

Editor: Indrawati

Leave a Reply