Dinkes Makassar Undang 46 Puskesmas Koordinasikan Longset

211
Bagikan via

Makassar — Memasuki tahun ketiga, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar kembali mengadakan Koordinasi Lorong Sehat (longset).

Koordinasi ini berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan Kota Makassar di Jalan Sultan Alauddin, Jumat (19/10/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Kesmas, Drg Ita Anwar mengatakan, pihaknya mengundang perwakilan 46 Puskesmas yang ada di Kota Makassar untuk memaksimalkan koordinasi.

“Yang kita undang penanggung jawab Koordinator longset lantaran tahun ini masuk tahap ketiga untuk penilaian per puskesmas,” ungkap Ita Anwar saat ditemui Timurindonesia.com di Makassar.

Ia menambahkan koordinasi ini diperlukan untuk menjaga partisipasi masyarakat semakin bagus dan sadar akan kesehatan, dan bersungguh-sungguh ingin lorongnya bersih, hijau dan indah.

“Yang ingin dicapai dari program Longset adalah perubahan perilaku kemudian menurunkan angka kesakitan dan kematian,” ujarnya.

“Berbicara tentang penyakit longset justru yg terbanyak adalah perubahan prilaku dan faktor utamanya adalah rokok,” tambahnya.

Longset merupakan salah satu program inovasi mewujudkan perbaikan kehidupan warga sehat Kota Makassar. Sehingga dipandang perlu memantapkan program tersebut melalui kemauan, kesadaran, dan kemampuan untuk ber-PHBS dan lingkungan sehat.

“Jadi koordinasi seperti ini sangat penting,” pungkasnya.

Penulis: Asrul Usman
Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply