Layanan Masyarakat Sulsel Berbasis Medsos Diluncurkan

102
Bagikan via

MAKASSAR— Masyarakat Sulawesi-Selatan (Sulsel) bisa mengadu atau menyampaikan aspirasi mereka ke pemerintah melalui media sosial.

Aplikasi aduan publik yang diberi nama Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel ini, diluncurkan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kamis (18/10) di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel.

Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel ini berbasis medsos yang akan melayani aspirasi dan aduan masyarakat, terhadap berbagai aspirasi dan persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Aplikasi aduan tersebut hadir dalam rangka memberikan ruang publik, kemudahan, kecepatan dan kepastian untuk menyalurkan aspirasi dan permalahan masyarakat Sulsel.

Aplikasi Baruga Sulsel juga menjadi bagian dari komitmen Pemprov untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik yg semakin baik secara cepat, tepat dan tuntas.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kominfo SP), Andi Hasdullah menjelaskan, Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel merupakan layanan aplikasi berbasis media sosial.

Website Baruga Sulsel ini sudah bisa didownload di play stor. Melalui aplikasi ini masyarakat diberi ruang bisa sampaikan aspirasi dan aduanya lewat facebook, instagram, twitter, email, sms dan web berbasis android.

Selanjutnya, aplikasi aduan BARUGA SULSEL telah terintegrasi dengan aplikasi aduan LAPOR SP4M yang berlaku secara nasional. Sehingga tindak lanjut aduan publik secara sistem terdisposisi penyelesaiannya berdasarkan kewenangan kabupaten, kota, provinsi dan kementerian terkait.

Sehingga gubernur dapat juga melihat dan merekam aspirasi dan kondisi masyarakat sulsel yang masuk lewat aplikasi ini. Selain itu, dapat menjadi salah satu rujukan Pemprov dalam merumuskan kebijakan strategis dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik.

Gubernuf Sulsel Nurdin Abdullah sangat mengapresiasi kehadiran website Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel ini. Dimana merupakan inovasi berbasis teknologi yang sangat baik.

“Jika ada inovasi yang bermanfaat untuk semua orang dengan biaya murah dan baru maka harus diapresiasi. Aplikasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjutkan, bahwa ini merupakan sebuah langkah maju dalam menghadirkan program 100 hari Pemprov Sulsel. Baginya, seharusnya seluruh OPD melakukan hal seperti ini.

“Dalam 100 hari pertama saya sebagai Gubernur Sulsel harus memikirkan apa gebrakan yang bisa dilakukan,” katanya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu menginstruksikan kepada seluruh OPD agar bisa merespon secara cepat berbagai keluhan dan aduan masyarakat nantinya yang masuk melalui aplikasi ini.(rls)

Editor : Andi Amriani

Leave a Reply