Kunyit, Tanaman Tropis Beragam Khasiat

339
Bagikan via

Kunyit atau kunir (Jawa) adalah salah satu jenis tanaman rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit bukanlah sekadar penyedap rasa. Manfaat kunyit untuk kesehatan telah diketahui lebih dari 4.000 tahun lalu dan digunakan untuk mengobati bermacam-macam penyakit.

Salah satu tanaman obat yang banyak digunakan dalam industri Obat Asli Indonesia (OAI), kosmetik maupun makanan dan minuman adalah kunyit. Kunyit memiliki klasifikasi menyerupai tanaman seperti jahe, lengkuas, temu lawak, dan beberapa tanaman lainnya.

Bukan hanya sekadar untuk mengetahui silsilah kekerabatan dari tanaman kunyit, klasifikasi tersebut membuat kita tahu bahwa bagian bunga dari tanaman kunyit merupakan jenis bunga majemuk dan mempunyai sisik di bagian pucuk batang semunya.

Secara marfologi, klasifikasi tersebut memasukkan tanaman kunyit sebagai salah satu tanaman tropis sehingga banyak ditemui di Indonesia.

Miliki Senyawa Penting

Untuk pengobatan tradisional, khasiat kunyit sudah tidak diragukan lagi. Secara medis kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang merupakan faktor penting dalam pengobatan. Senyawa tersebut terdiri dari dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%.

Selain itu terdapat pula zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang mengandung keton sesquiterpen, felandren, sabinen, turmeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, borneol, dan sineil. Selain kandungan tersebut, kunyit juga mengandung protein 30%, vitamin C 45-55%, lemak 1-3%, karbohidrat 3%, pati 8%, dan garam-garam mineral seperti kalsium, fosfor ,dan zat besi.

Khasiat Kunyit

  1. Cegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan adanya peradangan otak. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengonsumsi kunyit memiliki risiko lebih kecil terkena Alzheimer. Hal tersebut dikarenakan orang yang rajin mengonsumsi kunyit otaknya lebih terlindungi dari radang otak.

2. Tingkatkan Antioksidan

Kandungan curcumin merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh. Dengan cara ini, curcumin memberikan perlawanan dan membunuh radikal bebas.

3. Cegah Kanker

Salah satu manfaat kunyit yang mengagumkan adalah kemampuannya dalam memerangi kanker. Dalam bukunya, ‘The 150 Healthiest Foods On Earth (Fair Winds)’, ahli nutrisi Jonny Bowden mengatakan bahwa setidaknya terdapat 30 penelitian yang menunjukkan bahwa curcumin memiliki khasiat anti-tumor.

4. Kurangi Risiko Leukimia

Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi mengenai leukimia yang diselenggarakan di London, memberikan bukti bahwa mengonsumsi makanan yang dibumbui dengan kunyit bisa mengurangi risiko terkena leukimia.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply