42 Mahasiswa Palu Resmi Belajar di UIN Alauddin

115
Bagikan via

MAKASSAR – Sebanyak 42 mahasiswa IAIN Datokarama Palu Seat In di UIN Alauddin Makassar mulai aktif belajar sejak Rabu (17/10/18). Hal ini disampaikan Kepala Bagian Akademik, Irwanuddin, usai penyerahan daftar nama calon mahasiswa ke dekan masing-masing fakultas di Aula Gedung Rektorat lantai IV, Selasa (16/10).

“Ada 42 orang di 7 Fakultas yang sudah terdaftar dan memberikan formulir. Namun , hingga berita ini diturunkan, masih ada beberapa mahasiswa yang menelepon, yang masih di luar daerah,” ungkapnya kepada wartawan Timurindonesia.com, Kamis (18/10).

Sementara itu, dari 42 orang, sebanyak 29 yang sudah hadir di UIN Alauddin. Di antaranya akan tersebar di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 1 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 1 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 1 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 16 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 9 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 1 orang.

Irwanuddin mengatakan, sistem penerimaan di UIN Alauddin berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Di UIN sendiri, mahasiswa Seat In yang diikutkan proses belajar ialah bagi yang telah berada di semester dua.

Lanjut Irwan, setelah selesai, nilainya akan tetap dikirim ke instansi atau perguruan tinggi di IAIN Palu.

“Perguruan Tinggi itu kan ada dua, yaitu Kemenristek Dikti dan Kemenag. Kalau UIN sendiri yang berada di bawah naungan Kemenag, hanya menerima dari IAIN Palu. Kalau dari Universitas Tadulako itu diarahkan ke Unhas dan UNM. Di sini, hanya difasilitasi untuk belajar, supaya mereka tidak vakum pasca gempa dan ini juga kan program pemerintah,” terangnya.

Namun, kata dia, beberapa mahasiswa yang ingin pindah permanen tidak menutup kemungkinan akan difasilitasi oleh pihak kampus UIN Alauddin. Hal tersebut, akan dibicarakan lebih lanjut melalui rapat pimpinan.

“Banyak mahasiswa yang mau pindah total. Mereka trauma kalau mau kembali ke sana. Ada juga mau tetap kembali, karena tidak ada keluarganya sama sekali di sini. Tapi hal-hal seperti itu akan kita pertimbangkan dan akan dibawa ke rapim,” ujarnya.

Reporter: Milda
Editor: Indrawati

Leave a Reply