Jokowi Dorong Pemda Siapkan Fasilitas untuk Kaum Difabel

70
Bagikan via
Presiden Jokowi / foto by jadiberita.com

JAKARTA–Presiden Joko Widodo mendorong seluruh daerah untuk menciptakan lingkungan yang ramah terhadap masyarakat berkebutuhan khusus atau difabel.Menurutnya,  sangat penting bagi pemerintah untuk menyiapkan kebutuhan bagi kaum difabel, seperti mushallah di tempat umum  juga harus ada untuk mereka.

Saat meninjau kawasan Gelora Bung Karno, Jokowi menilai, pembangunan yang ada disana sudah lumayan bagus. Hampir semua tempat ada khusus disediakan untuk difabel. “Saya berharap tempat umum di seluruh Indonesia juga menyediakan hal yang sama,” katanya seperti dikutip dari laman kontan.co.id, Seasa (16/10/2018).

Lanjutya, buan hanya Jakasrta, di daerah-daerah lain juga menerapkan hal yang sama terhadap bangunan publik, fasilitas umum dan transportasi untuk ramah kepada kaum disabilitas. Semua pemerintah daerah harus ramah terhadap disabilitas.

Apalagi hal tersebut juga merupakan amanat dari UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Bahkan Presiden menyampaikan, dirinya akan mengaitkan komponen pajak dan insentif lain serta izin layak fungsi kepada daerah demi mendorong hal tersebut.

Rencanya Jokowi akan mengundang kaum difabel datang ke istana untuk membicarakan hal yang dimaksud. “Saya akan bicarakan soal kewirausahaan rekan-rekan difabel,” katanya.

Editor   : Andi Amriani

Leave a Reply