JNE Topang Perekonomian UMKM

151
Bagikan via

MAKASSAR — Sebagai salah satu jasa pengiriman dan penyedia logistik, Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal dengan JNE turut berperan dalam mendukung perekonomian masyarakat Indonesia, utamanya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kehadiran JNE di berbagai daerah tidak dipungkiri sangat membantu para pelaku UMKM menjajakan usahanya melalui tekhnologi atau penjualan online, di tengah zaman modern yang serba instan ini.

Hal tersebut terbukti dari program yang digencarkan JNE, salah satunya dengan merilis Kartu JLC atau JNE Loyalty Card sebagai program keanggotaan yang ditujukan bagi pelanggan setianya.

Lewat kartu JLC, JNE menawarkan berbagai benefit bagi para pemiliknya, seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik.

Kepala Cabang JNE Makassar, Andrey Laogi mengatakan, pemegang JLC akan mendapat reward satu poin untuk setiap transaksi minimal Rp25 ribu. Poin ini kemudian bisa ditukar dengan hadiah menarik atau diskon khusus di banyak merchant.

“Hadiahnya macam-macam dan bisa dilihat di web JNE.JLC.co.id. Untuk
diskon bisa diberikan jika sudah berlangganan dengan JNE dan mendaftarkan diri sebagai customer tetap,” papar Andrey kepada Timurindonesia.com, Jumat (12/09/2018).

Untuk mendapatkan kartu ini, lanjut Andrey, cukup dengan mengisi formulir yang tersedia di setiap agen JNE, karena selain di wilayah perkotaan, kartu ini pun bisa ditemukan di daerah kabupaten.

“Bisa juga mendaftar langsung di Web kami,” tandasnya.

Tidak sampai di situ, JNE juga melakukan pemberdayaan masyarakat.
Seperti belum lama ini, telah menggelar workshop yang menggandeng Traveloka. Pesertanya ialah para pelaku UMKM yang ada di Makassar dan sekitarnya.

“Tujuan kami untuk menambah wawasan mereka tentang promosi produk berbasis digital, termasuk memanfaatkan media sosial,” jelas Andrey.

Sementara salah satu pelanggan setia JNE, Imeldawati, mengaku sangat terbantu dengan kehadiran JNE yang bertengger tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Selaku pengusaha kosmetik yang kesehariannya diwarnai dengan pengiriman produk kecantikan, perempuan itu mengaku bersyukur sebab bisa menemui jasa pengiriman JNE di daerah, sehingga ia tidak harus ke Kota Makassar untuk mengirimkan pesanan pelanggannya.

“Kebetulan saya tinggal di perbatasan Takalar-Makassar, dan JNE sudah ada di Barombong, jadi tidak mesti ke Makassar lagi mengirim pesanan. Ini sangat membantu melancarkan pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia, seperti costumer saya di Kalimantan, Ambon bahkan ke Pulau Jawa,” papar perempuan dua anak ini.

Buka itu saja, berbagai pilihan jenis pengiriman yang tersedia di JNE diakui Melda sapaannya, sangat menopang usahanya dalam menjaga kepercayaan serta kepuasaan costumernya. Pasalnya, JNE menawarkan jenis pengiriman yang cukup beragam.

“Kalau ada costumer yang mau cepat sampai, saya cukup pakai jenis pengiriman YES (Yakin Esok Sampai). Ada juga pengiriman reguler dan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), jadi tergantung costumernya,” ungkap Owner Brand Kosmetik White Glowing.

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply