Deng Ical: HIV/AIDS Butuh Penanganan Tepat

29
Bagikan via

MAKASSAR – HIV AIDS merupakan persoalan yang tak kunjung usai bahkan nyaris terlupakan untuk ditangani secara serius. Bahkan bagi dunia internasional, HIV/AIDS bukan lagi dipandang sebagai hal krusial untuk diatasi.

Olehnya, Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, meminta semua peserta pertemuan lintas sektoral yang digelar Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Makassar, untuk memikirkan metode dan model cara penanggulangan yang lebih tepat.

“Ada perubahan mendasar yang semakin menghawatirkan. Penyakit HIV dan AIDS ini bukan lagi ancaman orang dewasa tetapi juga sudah masuk di kalangan anak kecil,” kata Deng Ical di Hotel Jolin, Jl Pengayoman, Selasa (9/10).

Acara yang dihadiri sekitar 30 peserta dari perwakilan OPD terkait, LSM dan NGO, menyadari tantangan berat untuk berkontribusi dalam penanggulangannya.

“Di sinilah pentingnya diadakan pertemuan agar dapat berbagi tugas dan tanggungjawab sesuai dengan tupoksi masing masing,” lanjut Deng Ical.

Cara paling efektif untuk menanggulangi penyebaran HIV dan AIDS adalah mengurangi lingkungan strategis peredarannya, dengan memperkuat kesadaran dan agama.

“HIV bukan sekedar aspek medisnya tetapi sudah sampai pada aspek kultural bahkan bisa jadi peradaban,” ujar Deng Ical, yang juga Ketua Harian KPA Kota Makassar. (rls)

Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply