Bulukumba Diguncang Getaran Gempa, Warga Selayar Panik

132
Bagikan via

SELAYAR— Getaran gempa berkekuatan 4,8 magnitudo dengan lokasi pusat gempa, 5.70 LS, 120.67 BT 59 Km tenggara, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan, membuat warga selayar panik.

Getaran gempa ini terjadi, Minggu (7/10/2018) pukul 14.40 wita, mengguncang beberapa wilayah desa, dan kelurahan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Getaran itu terjadi sebanyak empat kali, dan sejak itu pula warga mulai meninggalkan rumah mereka dan berlari ke tanah lapang menyelamatkan diri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kepulauan Selayar, Odding Karim berusaha meredam kepanikan warga. Ia berkeliling desa menyampaikan imbauan agar warga tetap tenang.

“Warga tetap tenang, jangan panik, jangan gegabah dalam mengambil keputusan,” katanya. Ia juga menyampaikan ke warga bahwa getaran gempa yang baru saja terjadi tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat juga diminta untuk tetap beraktivitas normal seperti hari-hari biasa, dan tidak meninggalkan rumah, ataupun kampung halaman. Lebih jauh, Odding Karim juga ikut menitipkan harapan kepada warga untuk tidak menyalahgunakan media jejaring sosial untuk menyebarluaskan informasi tidak jelas.

Informasi tidak jelas hanya akan menimbulkan kepanikan dan keresahan.

Dalam kegiatan pengumuman keliling yang dilaksanakan, mulai dari pukul 16.00-21.30 wita tersebut, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ia menyampaikan arahan kepada warga, bahwa getaran gempa yang terjadi pada kedalaman 10 km, arah tenggara Kabupaten Bulukumba Insya Allah, tidak berpotensi tsunami.

Laporan : Fadly Syarif
Editor : andi amriani

Leave a Reply