Panik ! Warga Mamuju Ramai-ramai ke Dataran Tinggi

199
Bagikan via
JAKARTA, 7/8 - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati Bicara Gempa Lombok. Kepala Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) Dwikorita Karnawati berbicara mengenai gempa Lombok saat ditemui VIVA di Kantor BMKG, Jakarta, Selasa (7/8/2018). VIVA/Muhamad Solihin/18

SULBAR—Warga Mamuju Sulawesi Barat, panik. Mereka mengira getaran hebat yang terjadi pukul 18.00 wita itu terjadi di Sulbar dan merupakan tsunami. Sehingga warga berlari ke daerah ketinggian yakni pegunungan.

Amir Arif warga mamuju ketika dimintai komentarnya salah satu stasiun TV, terkait kondisi Mamuju saat gempa di Donggala, ia mengatakan getaran hebat itu sangat terasa di Mamuju jelang magrib. Kebetulan pada saat itu, ia sedang berada di Mal tepatnya di lantai dua.

Bukan hanya Amir, tetapi ratusan pengunjung Mal saat itu berlari ke luar ruangan, disaat yang sama terdengar suara dari pusat informasi yang meminta semua pengunjung untuk keluar. Setelah memastikan pengunjung sudah berada di luar, pusat perbelanjaan yang berada di tengah kota itupun di tutup sementara.

“Untuk pertama kalinya saya merasakan getaran akibat gempa ini sangat kuat. Tidak seperti pada gempa sebelumnya hanya sebentar,” katanya.

Amir juga mengisahkan, warga Mamuju sempat dibuat panik dengan beredarnya isu tsunami. Sehingga beberapa warga berbondong-bondong menuju pengunungan. Mereka mencari tempat yang lebih tinggi. Warga memilih mengungsi sementara ke puncak. “Informasi tsunami ini sangat meresahkan,” katanya.

Lima menit pasca terjadi gempa 7,4 skala richter di wilayah Donggala, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pun langsung mengeluarkan peringatan tsunami dengan level siaga, yaitu dengan potensi terjadi kenaikan air laut setinggi 50 cm dan maksimum 3 meter.

Pihaknya bahkan meminta kepada warga yang bermukim di Kendari, Bone, dan Sengkang untuk tetap waspadai adanya gempa susulan. “Daerah ini kan dekat dengan Donggala dan Palu,” katanya.

 

Penulis  : Andi Amriani

Diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply