Dinkes Makassar Ajak Guru Deteksi Dini Gangguan Pendengaran

159
Bagikan via

MAKASSAR — Dalam rangka menyukseskan program Pendengaran Sehat 2030, Dinas Kesehatan Kota Makassar memberikan pelatihan kepada para guru di setiap kecamatan, untuk segera mendeteksi gangguan pendengaran terhadap anak didiknya di sekolah.

Seperti pada pertemuan kali ini, yang melibatkan guru di Kecamatan Ujung Tanah dan Bontoala, setelah sebelumnya kegiatan serupa telah dilakukan di 11 kecamtan lainnya dan akan disempurnakan untuk semua kecamatan, berdasarkan RPJMD Makassar 2014/2019.

Promosi Kesehatan, Deteksi dini dan penanggulangan gangguan pendengaran dan mata kepada bayi baru lahir, usia sekolah, pekerja dan orangtua tersebut juga melibatkan Komite Daerah Penanggulangan gangguan Pendengaran & Ketulian (Komda PGPKT) Makassar.

“Jadi, pelatihan ini diharapkan peserta mempunyai pengetahuan untuk bisa mendeteksi gangguan penglihatan maupun pendengaran pada anak-anak. Kemudian bisa melakukan tindak lanjut apabila ada kelainan untuk penanganan secepatnya,” tutur Dr Ervina Mariani selaku salah satu nara sumber pelatihan yang digelar di Hotel Grand Pasific, Jalan Bonto Lempangang, Kamis (27/09/2018).

Mata merupakan Indra yang sangat penting. 80 persen informasi yang diterima otak berasal dari mata. Sedangkan 20 persen lainnya berasal dari Indra pendengaran, perasaan, dll.

Kepada Timurindonesia.com, Dr Ervina mengatakan, bagi anak sekolah, penglihatan merupakan hal yang sangat menentukan tingkat penerimaan informasi, pada akhirnya akan berperangaruh terhadap prestasi anak tersebut.

Dengan itu, program Sehat Indra menjadi hal yang sangat penting untuk mnelurkan generasi bangsa yang berkualitas.

Diketahui, saat ini Indonesia masuk empat negara ASEAN dengan penduduk yang menderita gangguan pendengaran dan ketulian tertinggi.

Olehnya, sangat penting kerja sama lintas sektor baik pemerintah, bidang kesehatan khususnya perhimpunan dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher(PERHATI-KL).

Laporan: Gusti
Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply