Ini Alasan Ketika Jodoh tak Kunjung Datang

142
Bagikan via

Pernikahan merupakan suatu keharusan dalam pandangan Agama Islam. Karena Nabi memang menganjurkan kita untuk menikah. Namun begitu, menikah bukanlah sesuatu yang bisa dilaksanakan dalam waktu seketika.

Berapa banyak orang yang sampai saat ini belum menikah padahal usianya sudah sangat dewasa. Secara umum mengapa seorang wanita terlambat menikah, jawaban yang lumrah terdengar ialah karena belum bertemu jodohnya.

Saat laki-laki ditanya, mengapa belum terpikirkan untuk menikah, rata-rata menjawab belum siap. Muhammad Tom Andarin merupakan mahasiswa S2 Universitas Hasanuddin yang juga memiliki pandangan yang sama. Menurutnya, seorang laki-laki yang siap untuk menikah harus mapan kehidupannya, sehingga anggota keluarganya kelak dapat tercukupi.

Di sisi lain, Fitra yang merupakan karyawan disalah satu perusahaan swasta di Makassar mengatakan bahwa menikah cepat membuat kita tidak bebas dalam melakukan berbagai hal yang diinginkan.

Faktor Penghambat Wanita Menikah

1. Lemahnya pemahaman tentang agungnya syariat menikah
2. Ingin menyelesaikan study dulu
3. Pandangan terlalu idealis mengenai pasangan hidup
4. Faktor keluarga
5. Meniti Karir
6. Belum mapan
7. Lingkungan yang jelek
8. Tingginya mahar
9. Berlebihan menetapkan syarat dan biaya pernikahan
10. Adat
11. Berpaling dari poligami

Menikah adalah suatu proses sangat kompleks, yang melibatkan fisik, pikiran, mental, dan keberanian dalam menempuh suatu jenis dan pola kehidupan yang berbeda. Menikah di usia muda adalah hal yang tabu dan asing, apalagi di zaman sekarang.

Orang zaman sekarang lebih mementingkan karir yang belum tentu membahagiakannya dan membuat hidupnya lebih tenang. Di sisi lain ada suatu golongan masyarakat yang menunda pernikahan dengan alasan untuk mendewasakan diri terlebih dahulu. Untuk yang berpikir demikian, sampai sedewasa apakah diri Anda untuk berani menikah ?

“Awalnya tidak kepikiran untuk menikah muda, namun melihat suami yang serius dan matang, saya memutuskan untuk menjalani pernikahan ini dengan serius,” ungkap Lestari yang merupakan salah satu wanita yang memilih menikah muda diusia 20 tahun.

Berdasarkan hal tersebut, berikut keuntungan ketika memilih menikah muda:

1. Saat terbaik saling menyesuaikan

Menikah di usia muda bagai membentuk sebuah adonan kue, Anda akan belajar bagaimana caranya untuk lebih saling pengertian. Menyesuaikan karakter akan lebih mudah dilakukan saat usia masih muda.

2. Mencari pasangan sempurna

Ketika prinsip Anda adalah hanya ingin menikah dengan orang yang sempurna menurut pandangan pribadi, itu merupakan sifat orang yang egois dan munafik. Dalam masa perjalanan pernikahan kelak, sifat diantara satu sama lain pada sebuah pasangan akan berubah.

3.Berjuang untuk Menjaga Kesucian

Dengan menjalani suatu pernikahan, akan mudah untuk mengatur emosi seksual dan lebih menjaga diri dari maksiat kepada Allah. Selain itu, dengan menikah akan meningkatkan nilai ketakwaan di hadapan Allah SWT.

4.Kesiapan

Merupakan hal yang sangat terpuji jika seseorang berusaha semaksimal mungkin memantaskan dirinya agar kelak dapat menjadi orang yang pantas bagi pasangan hidupnya. Hidup adalah sebuah proses, proses mendewasakan dan proses yang menjadikan seseorang lebih pantas.

5.Stamina dan Vitalitas yang Prima

Ketika Anda menikah di usia muda, maka kebugaran tubuh sedang mencapai puncaknya. Bagi seorang wanita telah diketahui bawa menikah di atas usia 30 tahun akan menyebabkan kurangnya kesempatan untuk dapat hamil dan memperoleh keturunan. Selain itu, ketika punya anak kelak, tubuh masih bisa diajak kompromi untuk bekerja keras dalam mencari rezeki.

6.Menjauhkan Diri dari Zina

Pernikahan akan semakin menundukkan pandangan dan kemaluan, serta menjauhkan dari perbuatan zina yang sangat dimurkai oleh Allah. Hal ini berdasarkan QS Al Isra: 32.

Sebelum menikah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar pesta pernikahan tidak menjadi beban saat berkeluarga. Berikut tipsnya:

1.Hapus Gengsi

Menikah bukan untuk menunjukkan kemampuan finansial, tetapi ibadah kepada Allah SWT. Tidak ada guna memelihara rasa malu. Buang jauh rasa gengsi. Sebab ini yang membuat dana pernikahan menjadi bengkak.

2.Tak Harus Mewah
Pesta pernikahan tidak harus mewah, secukupnya saja. Resepsi pernikahan terbaik adalah yang tidak menjadi beban setelahnya. Pikirkan sebelum bertindak.

3.Tanpa Utang
Jangan sampai pesta pernikahan justru menjadi utang setelahnya. Pikirkan kembali untuk meminjam uang demi pesta impian.

4.Kompak
Setelah menjadi calon Ayah dan Ibu baru, berdiskusi mengenai keuangan harus lebih sering. Kekompakan membuat musyawarah menjadi lebih mudah dan menemukan solusi.

5.Realisasikan
Sudah mendapat ilmu tentang keuangan menikah, jangan hanya menjadi informasi semata. Realisasikan sebelum terlambat.

Alasan Mengapa Harus Menikah

1.Karena menikah itu perintah Allah. Bahkan Allah perintahkan untuk menikahi wanita yang baik-baik itu 2, 3 atau 4 orang menurut Al-quran.

2. Menikah juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi dengan menikah termasuk tanda kita mencintai Nabi SAW. karena mengamalkan sunah-Nya.3.Pintu Rezeki. Dengan menikah rezeki akan lancar.
4.Menghindarkan dari yang haram. Baik itu dari segi pandangan, pendengaran dan perbuatan.
5.Menenangkan jiwa. Ada sebuah filosofi yang mengatakan bahwa di dalam hati manusia ada suatu rongga atau ruang yang mana rongga itu tidak bisa di isi oleh hal-hal lain kecuali wanita.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply