Istirahat yang Cukup, Hindari Tidur Larut Malam

292
Bagikan via
Foto: Internet

Tips gaya hidup sehat yang ini gampang sekali dilakukan. Anda hanya diminta untuk menghindari kebiasaan tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur yang cukup. Alasannya pun sederhana, agar tubuh Anda mendapatkan waktu beristirahat yang layak.

Namun, tidur ternyata bukan sekadar momen untuk tubuh beristirahat. Harvard Health Publication menyebutkan bahwa kekurangan waktu tidur memiliki korelasi langsung terhadap risiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.

Bukan hanya itu, kurang tidur juga setara dengan mengonsumi racun, atau pun menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sekalipun sangat sibuk, usahakan untuk selalu bisa tidur dengan cukup.

Tapi jangan salah, tidur berlebihan juga bisa merugikan, seperti misal terlelap selama lebih dari delapan jam secara konsisten yang menurut berbagai studi justru bisa menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Lalu, selain menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit berbahaya, tidur juga menjadi sarana untuk memperoleh tubuh bugar dan berat badan yang proporsional. Tidur dalam porsi yang pas juga membantu meningkatkan ingatan, merangsang kreativitas, hingga menghindarkan diri dari stres.

Kegiatan ini mesti Anda biasakan dengan tidak tidur terlalu larut, karena bisa mengurangi waktu tidur yang cukup buat tubuh. Ingat, sangat baik juga buat tubuh jika kita bangun lebih awal di pagi hari. Selain membuat badan terasa segar, bangun lebih pagi juga memberi kita waktu leluasa untuk melakukan aktivitas seperti jalan pagi dan berjemur, seperti yang dibahas di poin-poin sebelumnya.

Sumber: dbs/internet

Leave a Reply