Siswa Kompeling Bagikan Bibit di Pinggir Jalan

106
Bagikan via

MAROS — Langkah kecil untuk hal yang besar, ungkapan yang sangat cocok disematkan bagi siswa-siswi SMAN 4 Bantimurung yang tergabung dalam Komunitas Green School.

Betapa tidak, dalam rangka memperingati Hari Ozon International yang jatuh pada 16 September tadi, Ahad (16/09/2018), siswa yang menyebut dirinya Komunitas Pecinta Lingkungan (Kompeling) membagikan bibit tanaman pohon dan buah kepada pengguna jalan di sekitar lampu lalu lintas Polres Kabupaten Maros.

“Dibantu bapak kepala sekolah,
kami sengaja membagikan bibit pohon dikarenakan itu kami anggap solusi terbaik menjaga dan memperbaiki lapisan ozon. Pohon merupakan fenetrasi bagi polusi udara yg dapat merusak lapisan ozon,” jelas Nur Fajriah, Ketua Kompeling,

Alhasil, aksi ini menuai apresiasi dari pengguna jalan yang tampak banyak memberi pujian. Beberapa di antaranya sekaligus merasa teredukasi dengan aksi nyata tersebut.

Bibit yang dibagikan cukup beragam, seperti durian, rambutan, ketapang kencana dan kayu manis yang mencapai seratusan bibit.

“Sengaja kami perbanyak di bibit yang menghasilkan buah. Alasannya untuk memancing animo masyarakat agar makin giat menanam. Ya, kebanyakan masyarakat cenderung tidak mau menanam kalo tanamannya tidak produktif,” ungkap Arni, sapaan akrabnya.

Selain di seputar lampu merah Polres Maros, pembagian bibit ini juga dilakukan di area sekitar sekolah. Bukan hanya siswa, guru pembina, Dinas Pertanian Maros dan BPTH Wilayah II pun ikut terlibat.

Tidak ketinggalan pihak Pertamina Sobat Bumi bersama para pendamping dari Yayasan Lestari Mulia sebagai pembina Kompeling sejak dua tahun terakhir.

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply