Wow ! Oktober, Bunga Sakura Ada di Sulsel

15
Bagikan via
Bunga Sakura/ foto youtube

Sulsel – Jepang Jajaki Kerjasama

MAKASSAR – Kabar gembira bagi warga Sulawesi-Selatan (Sulsel), tidak lama lagi bisa melihat langsung keindahan bunga sakura yang selama ini hanya ada dilayar kaca atau mendengar cerita dari teman yang sudah berkunjung ke Jepang atau Korea.

Keindahan bunga sakura yang bermekaran di musim semi seperti yang biasa ada dalam drama korea atau film jepang pastinya menarik perhatian warga Sulsel bahkan membuat penontonnya larut dalam hayalan.

Nah, tahun ini. Pemerintah Sulsel sedang menjajaki kerjasama dengan Jepang yakni budidaya bunga sakura. Kerjasama tersebut untuk memperingati 60 tahun terjalinnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang. Jika kerjasama ini terealisasi maka warga Sulsel tentunya tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati dan melihat bunga sakura.

“Banyak orang ingin melihat bunga sakiura, tidak punya kemampuan ke Jepang. Bunga sakura kita tanam di sini, ada juga punya kemampuan (ke Jepang) tetapi takut naik pesawat,” kata Nurdin Abdulah Gubernur Sulsel.

Rencananya, Oktober mendatang sudah dilakukan ditanam dan dikembangkan di beberapa daerah di Sulsel yang cocok dengan wilayah tumbuh sakura. Terkait wilayah penanaman masih menjadi kajian, terutama daerah dingin, seperti di wilayah Toraja dan Malino (Kabupaten Gowa).

Untuk jumlah bibit Nurdin belum merinci, untuk penanaman akan dicoba terlebih dahulu.

“Saya belum tahu, tetapi kita coba dulu, kalau ini berhasil kita kembangkan lebih luas, di Bantaeng sudah ada, jadi ini yang kedua, ini Oktober mulai,” sebutnya.

Untuk mendukung hal tersebut, maka akan datang tim dari Jepang sebanyak 30 orang, termasuk melakukan penanaman.

 

 

Penulis : Andi Amriani

Editor  : Andi Amriani

 

Leave a Reply