SMK Berbasis Pesantren segera Dibangun di Toraja

355
Bagikan via

TORAJA — Wakil Ketua PDM Tana Toraja, Imran, S.Ag, M.Ag., mengatakan bahwa dalam waktu dekat segera dibangun SMK Muhammadiyah yang berbasis pesantren di Tana Toraja. Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada acara pelantikan kepala Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja (11/09).

Di hadapan Ketua Pimpinan Cabang Nadhlatul Ulama (NU) Tana Toraja, H. Ahmad Toago, S.Pd.I, Imran memaparkan rencana tersebut setelah penyerahan secara simbolis izin operasional berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tana Toraja dari Kementerian Agama RI kepada PDM Tana Toraja, kemarin.

Menurutnya, pembangunan SMK berbasis pesantren, akan diisi oleh siswa yang multi talenta.

“Siswanya nanti diharapkan tidak hanya mampu memperbaiki mesin dan listrik tetapi juga memiliki hafalan Qur’an yang memadai serta memiliki kemampuan menjadi ustadz dan imam masjid,” katanya.

Dalam acara Pelantikan kepala Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja, Ketua Majelis Dikdasmen PWM Sulsel Drs. H. Thamrin Taha, M.Pd. melantik Kepala Madrasah yang baru Muhammad Parinding, S.E., yang sebelumnya sudah mengabdi sebagai guru di pesantren tersebut. Beliau merupakan alumni ketiga yang tamat dari pesantren ini tahun 1995.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua NU Tana Toraja, Ketua BAZNAS Tana Toraja Teguh Cahyono, pimpinan daerah Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah Tana Toraja, tokoh masyarakat, para guru dan siswa pesantren. Selain itu, juga hadir utusan pemerintah dan Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah Sulsel.

Kepala Madrasah sebelumnya, H. Sudirman, M.Pd, merupakan gurunya sendiri. Suatu ketika mengatakan kepadanya bahwa suatu saat diharapkan akan menjadi pemimpin di pesantren ini. Dan Alhamdulillah hal ini sudah terlaksana pada hari ini. (rls)

Editor : haryuna

Leave a Reply