Janin Gagal Berkembang dalam Kandungan, Ini Penyebabnya

2904
Bagikan via
ilustrasi janin alam kanungan/INT

MAKASSAR— Semua ibu yang sedang mengandung tentunya menginginkan yang terbaik agar buah hati yang ada dalam kandungannya bisa berkembang. Ia berharap agar lahir ke dunia dengan selamat, sehat dan sempurna.

Karenanya, banyak orang tua yang ketika hamil menjaga dengan baik kondisi tubuhnya dan juga janin yang di kandungnya. Salah satunya memakan makanan yang sehat dan bergizi, serta rutin sebulan sekali memeriksakan ke dokter.

Ini penting loh, bagi ibu yang sedang hamil agar rajin memeriksa dan konsultasi ke dokter kandungan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Seperti tidak berkembangnya janin dalam kandungan. Ini biasa terjadi pada ibu yang sedang mengandung.

Nah, Apa sih penyebab janin yang tidak berkembang itu ?

Janin yang tidak berkembang digambarkan sebagai kondisi pertumbuhan janin yang lambat alias tertunda. Dalam dunia medis, pertumbuhan janin yang tertunda dikenal dengan istilah IUGR (Intrauterine Growth Restriction).

Janin dikatakan IUGR apabila pertumbuhan bayi tidak sesuai dengan usia kehamilan. Tumbuh kembang janin yang lambat ini menandakan ukuran bayi lebih kecil dari ukuran rata-rata pada usia kehamilan tersebut. Misalnya Anda sudah hamil 12 minggu, namun perkembangan dan berat janinnya masih seperti usia di bawah 12 minggu.

Bayi mungkin tidak tumbuh dengan baik jika dia tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang. Berikut penyebab paling umum janin tidak berkembang:

Kondisi medis ibu

Janin Anda mungkin dikatakan terlambat berkembang alias mengalami IUGR apabila Anda mengidap penyakit jantung, ginjal, paru-paru, gangguan pembekuan darah, anemia sel sabit, atau diabetes. Selain itu, IUGR bisa terjadi pada janin apabila Anda mengalami preeklampsia selama kehamilan trisemester kedua, hipertensi, kronis, atau keduanya sekaligus.

Kelainan plasenta

Plasenta adalah organ yang berfungsi mengirim nutrisi dan oksigen untuk janin di dalam kandungan. Jika bentuk plasenta tidak sempurna atau ukurannya terlalu kecil, maka organ ini tidak dapat menjalani fungsinya dengan baik. Kondisi inilah yang memungkinkan janin mengalami IUGR karena mengalami defisiensi nutrisi atau oksigen sehingga janin tidak berkembang sewajarnya sesuai usia.

Editor : Andi Amriani
Sumber : hellosehat

Leave a Reply