Perlu Dicontoh! Begini Cara Pertamina Minimalisir Sampah di Pasar

140
Bagikan via

MAKASSAR — Pemandangan timbunan sampah telah banyak dijumpai di berbagai pasar-pasar, bukan hanya pasar tradisional tapi juga pasar modern yang kerap banyak sampah berserakan.

Olehnya, PT Pertamina mulai melakukan langkah pasti dalam meminimalisir volume sampah tersebut melalui Program Bina Pasar selama enam bulan, yang diawali dari Pasar Lakessi, Kota Parepare.

Menggandeng salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, kesehatan dan lingkungan, yakni Yayasan Lestari mulia (Yasalam), kordinasi perdana telah dilakukan dengan pemerintah setempat, Sabtu (8/09/2018).

Alhasil hadir warga pasar, Kantibmas Kel.Lakessi Nawir, Babinsa Lakessi Natsir, Perwakilan Pertamina CDO Pertamina Siti Rafi’ah Darajat dan beberapa pembina dari Yasalam.

Pembina Yasalam, Ikrom Triyanto mengatakan, sasaran utama kegiatan ini adalah pedagang-pedagang yang berjualan dan tinggal di wilayah tersebut.

“Kami ingin mengubah pola pikir dan mengajak warga sekitar tidak membuang sampahnya lagi sembarangan yang bisa mengakibatkan tercemarnya lingkungan pasar, makin jorokdan tidak bikin nyaman,” ungkap Ikrom melalui media Whatsappnya.

Kehadiran para pemangku kebijakat ini menjadi tanda antusias dari warga di sana untuk bisa menerima dan menjalankan program bina pasar tersebut.

Cukup diketahui, sosialisasi ini merupakan awal dari pembinaan kerjasama Pertamina dengan Yayasan Lestari Mulia (Yasalam).

 

Penulis: Nur SuhravWardyah

 

Leave a Reply