MEMPRIHATINKAN ! Penderita TBC Parepare Capai 200 Orang

64
Bagikan via
kegiatan Peningkatan Kapasitas Menajemen Staf TB Care PD Aisyiyah Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Jumat (7/9/2018)/ dok

Parepare– Penderita Tubercolosis (TBC) di Kota Parepare saat ini mencapai angka 200 orang. Jumlah tersebut tergolong sangat besar, bagi penyakit menular dan berbahaya ini.

Sehingga secepat mungkin harus mengambil langkah pencegahan agar jumlahnya tidak bertambah dan jika memungkinkan bisa berkurang, tentunya dengan penyembuhan bagi yang sudah terserang.

Koordinator SR TB Care Parepare Muhammad Kasman mengatakan, di Parepare jumlah penderita capai 200 orang. Berbagai langkah telah dilakukan untuk mengobati pasien sampai benar-benar sembuh. Program TB Care Aisyiyah terus berjalan dengan baik, dengan melibatkan masyarakat dalam pencarian suspek.

“Jika menemukan pasien akan dirujuk dan mengawal pengobatannya,” katanya pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Menajemen Staf TB Care PD Aisyiyah Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Jumat (7/9/2018).

Di tempat yang sama Koordinator SR TB Care Aisyiyah Provinsi Sulawesi Selatan Wahriyadi mengungkapkan, jumlah penderita TBC di Indonesia capai satu juta satu tahun bahkan setengah dari itu sudah dinyatakan meninggal.

Menurutnya, terkadang orang menganggap TBC sebagai penyakit biasa. Padahal sangat berbahaya dan menular. Jumlah temuan kasus di Sulsel mencapai ratusan orang,inilah yang dilakukan Aisyiyah dan Ortom untuk mencari warga yang bergejala TBC.

TB Care Aisyiyah adalah program penaggulangan Tubercolosis berbasis masyarakat dalam pembagunan kesehatan di Indonesia. “Dengan melalui program ini Aisyiyah menjadi ujung tombak penanggulangan penyakit TBC,”katanya. (rls)

Editor : Andi Amriani

Leave a Reply