100 Penggerak Longset Makassar Siap Beraksi

121
Bagikan via

Makassar — Dinas Kesehatan Kota Makassar kembali mengumpulkan 100 penggerak lorong sehat (longset)yang berada di tiga wilayah puskesmas, yakni Puskesmas Mamajang, Cendrawasih dan Tarakang.

100 peserta yang bakal menjadi ujung tombak kesuksesan longset ini merupakan tokoh masyarakat, kader posyandu dan tokoh agama yang menghadiri Pertemuan Lorong Sehat yang digelar di Hotel Empress, Kamis (30/08/2018).

Disajikan dalam bentuk interaktif oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar, kegiatan ini memperlihatkan antusias para peserta untuk mulai beraksi. Tak hanya itu, pertemuan ini juga menuai pujian dari para peserta.

Pasalnya, selain membutuhkan ilmu terkait barometer longset, para peserta juga sangat menginginkan adanya follow up yang berkesinambungan dari pihak terkait seperti puskesmas hingga Dinas Kesehatan untuk sama-sama mewujudkan Indonesia Hebat.

“Bagus sekali, karena kegiatan ini bisa jadi tempat sharing bagi kita. Apalagi di sini ada yang orang baru yang akan mulai mengembangkan lorong sehat di lorongnya,” ungkap salah satu peserta,
Ir Edy Husain yang ditemui Timurindonesia.com setelah acara selesai.

Ketua RW Kelurahan Mampu ini mengaku, dirinya bersama tokoh masyarakat yang hadir kini kembali memiliki spirit baru untuk mulai memperbaharui longset di wilayahnya dan melengkapi kekurangan. Termasuk merubah pola fikir masyarakat terkait pentingnya kesehatan.

Sementara itu, Koordinator Promosi Kesehatan Puskesmas Mamajang, Nita mengaku, sangat penting bagi masyarakat untuk tetap berkoordinasi dengan puskesmas, agar inovasi pemerintah ini bisa tetap dikembangkan.

Senada, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Makassar, Namchar, mengatakan, pihaknya berharap pertemuan ini bukan hanya menjadi momen pertemuan antara peserta, namun ada hasil nyata yang bisa terlihat langsung dari lorong ke lorong.

“Kami harapkan kegiatan longset bukan karena pertemuan tapi sebaiknya ada perubahan dan ada percobaan. Komunikasi dengan masyarakat sangat penting, itu kenapa kami sangat percaya bahwa Andalah sendiri yang lebih mengenal warga di sekitar Anda,” pesannya.

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply