Berawal dari Kasihan, Akhirnya Bentuk Komunitas Pencinta Anjing

257
Bagikan via
Komunitas Pencinta Anjing di Benteng Rotterdam/dok.timurindonesia

Mendengar nama hewan yang satu ini, anjing maka yang terlintas dibenak kita pastinya sesuatu yang menyeramkan dan menakutkan. Namun belum tentu orang yang hobi memelihara Anjing adalah orang yang menakutkan.

Pencinta hewan yang ini, akhirnya membentuk sebuah komunitas, yang diberi nama Todolo Toraya. Tujuannya untuk memperlihatkan eksistensi mereka kepada masyarakat terkait kecintaannya terhadap anjing.

Todolo Toraya menjadi salah satu komunitas tempat berkumpulnya pencinta Anjing di kota Anging Mammiri. Munculnya komunitas ini pun dikarenakan rasa peduli atas anjing, bahkan salah satu slogan yang mereka cuitkan adalah “Anjing bukan Makanan”.

“Awalnya  saya melihat berita di TV yang menayangkan berita berita yang yang membunuh anjing dengan perlakuan keji. Setidaknya disitu saya sangat prihatin melihatny. Anjing itu adalah hewan piaraan bukan untuk diperlakukan keji atau dijadikan santapan makanan,” Ujar El Yakim Ketua Todolo Toraya Dog Lovers Makassar.

Menurutnya, teror atau apa yang telah dilakukan beberapa oknum di beberapa daerah atas Anjing sangat memilukan. Bahkan ada beberapa daerah, yang telah menjadikan Anjing sebagai santapan di warung.

“Dari situ saya  mulai serius membentuk komunitas ini yang awalnya hanya sekadar suka sama hewan anjing,” katanya.

Rutin Gelar Kegiatan

Sejak komunitasnya terbentu, pria usia 27 Tahun itu rutin menggelar kegiatan. minggu ada saja kegiatan komunitas yang mereka lakukan. Dua minggu sekali, malam minggu di Anjungan Pantai Losari, mereka berkumpul. Masing-masing anggota komunitas membawa hewan peliharaannya ke sana.

Disana, banyak aksi yang dilakukan dan tidak sedikit orang yang tertarik untuk menonton.  Begitu halnya di hari minggu, daerah boulevard merupakan kawasan car free day, dari pagi hingga pukul 10.00 wita.

“Karena banyak orang berkumpul pagi hari di sepanjang jalan Boulevard maka kami juga berkumpul disana meramaikan acara tersebut,” katanya.

Jenis anjing yang dipelihara  El, anjing jenis pitbull anjing ini merupakan turunan dari Buldog dan terrier yang  harga kisarannya biasa mencapai Rp 5 hingga Rp15 juta.

Aadapun berbagai jenis anjing lainnya yang didatangkan langsung dari kutub utara yang diberi nama Alaska malamut harga hewan ini biasanya kisaran Rp20 jutaan.

 

Penulis : Andi Gustiani

Editor : Haryuna

 

Leave a Reply