Serius Bangun Lombok, Pemerintah Kucurkan Anggaran Rp 4 T

128
Bagikan via
foto bangunan pasca gempa di Lombok/ foto by Andi Ningsih

Jakarta—Pemerintah optimis membangun kembali Lombok, Nusa Tenggara Barat pasca gempa 7,0 Skala Richter.  Keseriuan tersebut terlihat dengan adanya rencana menggelontorkan dana sebesar Rp 4 triliun.

Untuk memperkuat rencana tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) terkait penanggulangan bencana di Lombok. Draf Inpres saat ini juga sudah dalam tahap finalisasi.

Dengan adanya Inpres ini, maka nanti penanggulangan bencana akan menjadi fokus pemerintah pusat. Pramono menyebutkan, pemerintah memiliki anggaran sekitar Rp 4 triliun untuk membangun kembali NTB usai diguncang gempa beberapa kali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengatakan, pemerintah berkaca pada bencana letusan Gunung Agung di Bali tahun 2017. “Begitu dibilang bencana nasional, semuanya langsung turun,” katanya seperti dikutip pada lama kontan.com.

Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan, pemerintah bekerjasama dengan Perum Bulog dalam penyaluran beras pada korban gempa. Jumlah beras yang salurkan sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai 300 ton.

“Kemsos memastikan rakyat yang terkena dampak gempa bukan hanya yang ada di penampungan, tetapi juga dirumah-rumah, yang mendirikan tenda. Kami juga sudah membagikan sembako 12 .000 paket berisi beras, dan kebutuhan pokok untuk keperluan sehari-hari,” ujar Idrus.

Pemerintah juga akan membantu rekonstruksi tempat tinggal korban gempa dengan memberikan bantuan mulai Rp 10 juta–Rp 50 juta.

 

Editor  : Andi Amriani

Leave a Reply