Jaga Rahasia, Kunci Keluarga Harmonis

442
Bagikan via

Dalam rumah tangga, keharmonisan merupakan kebahagiaan yang tidak dapat dibayar dengan apapun. Namun, tak dapat dipungkiri jika pada kenyataannya harapan membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah harus pupus di tengah perjalanan.

Dalam kondisi seperti itu, pasangan suami istri harus bijak menyikapi persoalan tersebut. Hal yang perlu disadari bagi yang sudah berkeluarga ialah menjadikan masalah keluarga sebagai rahasia berdua. Karena jika masalah tidak melibatkan banyak pihak, maka akan mudah diselesaikan.

Oleh karena itu, untuk menjaga kebaikan dalam keluarga, ada beberapa hal yang tidak layak dilakukan dalam berumah tangga atau selesai berrumah tangga. Di antaranya ialah:

1.Dilarang Menyebar Rahasia Intim Suami Istri

Rasulullah Shalallahu Alahi Wasallam bersabda: “Manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari Kiamat ialah orang yang mendatangi (menyetubuhi) istrinya, atau istri mendatangi suaminya, kemudian ia menyebarkan rahasia istrinya (atau sebaliknya).”

Hadits tersebut melarang keras pasangan suami istri membuka rahasia ranjang. Nabi menggambarkannya sebagai manusia terburuk. Islam pun mengajarkan agar suami menjadi pakaian dan tirai bagi istrinya, demikian pula sebaliknya.

Tak hanya itu, godaan setan yang tersaji di jalan umum, membuat jiwa-jiwa pendosa menginginkannya. Mereka tak segan merogoh kocek untuk meraihnya. Tindakan seperti ini akan membeberkan keburukan, memotivasi orang-orang sesat, dan mencampakkan tirai rasa malu.

2.Jangan Beritahu Orang lain

Perkara yang dilarang untuk di umbar adalah percekcokan antara suami dan istri. Yang pada banyak kasus justru menambah rumit masalah yang dihadapinya. Biasanya perkara seperti ini akan menghadirkan orang ketiga dan akan ikut campur dalam percekcokan yang dihadapi suami istri. Jika hal ini terjadi, yang muncul ialah masalah baru.

Allah Ta’ala berfirman: Dan jika kalian khawatir ada pertengkaran antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam (juru pendamai) dari keluarga pria  dan seorang hakam (juru pendamai) dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud untuk mengadakan perbaikan (perdamaian), niscaya Allah akan memberi taufik kepada ke-2 suami isteri itu.”(An-Nisa’:35).

3.Dilarang membahayakan tempat tinggal keluarga

Persoalan yang mengundang bahaya bagi rumah tangga atau salah satu dari anggotanya ialah dengan menyebarkan rahasia yang ada pada dirinya. Rasulullah Shalallahu Alahi Wasallam bersabda: Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh (pula) membahayakan orang lain.”

Manfaat Jaga Rahasia

1.Nyaman satu sama lain

2.Saling bertukar cerita

3.Banyak habiskan waktu bersama

4.Selalu membuat jadwal aktivitas keluarga

5.Tidak pernah bertengkar

 

Penulis: Indrawati

Leave a Reply