Songkolo, Cemilan yang Menggoda di Tengah Malam

32
Bagikan via
Songkolo,/INT

Bagi anda yang berkunjung ke kota Makassar tuk sekadar jalan-jalan atau sedang mengikuti kegiatan kantor. Rugi rasanya jika kembali ke kampung halaman tanpa mencicipi kuliner tengah malam khas Makassar yang satu ini, Songkolo.

Songkolo, merupakan penganan dari ketan hitam maupun putih, yang di masak seperti memasak nasi.  Orang bugis biasa menyebutnya Sokko. Menu khas orang Makassar yang satu ini, cocok di makan dengan apa saja, ikan kering, telur asin maupun kelapa sangrai. Namun yang umumnya disajikan di warung-warung, Songkolo disajikan dengan serundeng atau kelapa goreng yang sudah diolah dengan bumbu.

Untuk mendapatkannya tidak begitu susah. Pedagang songkolo banyak kita jumpai di pinggir jalan dengan porsi dan harga tentunya berbeda-beda tergantug penjualnya. Namun, biasanya dipatok harga Rp 5000 per porsi sudah lengkap dengan lauknya.

Dulunya, songkolo hanya terasa nikmat jika di makan pagi hari untuk sarapan pengganti nasi. Selain harganya murah juga sangat praktis jika dibanding makanan lainnya.

Tetapi, dari tahun ke tahun sudah banyak yang berubah. Rata-rata pedagang menjual songkolo juga di malam hari. Sehingga muncullah istilah songkolo begadang. Kehadiran songkolo bagadang ini tentu sanngat membantu, apalagi bagi mereka yang lapar di tengah malam dan malas masak. Bukan hanya itu, songkolo begadang juga cukup banyak diincar oleh para pelancong.

Penjual songkolo terkenal dan murah ini, bisa kita jumpai di Antang. Namanya Songkolo Alhamdulillah, selain di Antang penjual songkolo juga bisa ditemukan dibeberapa wilayah di Kota Makassar, pokoknya tidak begitu sulit menemukan makanan yang terbuat dari ketan ini.

 

Penulis : Andi Amriani

 

 

 

Leave a Reply