Kasoami Makanan Khas Wakatobi Berbentuk Kerucut

33
Bagikan via
Kasoami makanan khas Wakatobi/INT

Berkunjung ke Wakatobi sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Sulawesi Tenggara, menjadi awal perkenalan saya dengan Kasoami. Makanan dengan cita rasa yang tinggi, berbentuk kerucut seperti nasi tumpeng membuat saya semakin penasaran, dengan rasanya.

Awal cerita, saat itu saya ke Wakatobi bersama rombongan dari Makassar dan menginap di Patuno ResortKarena tiba di hotel menjelang malam, akhirnya kami pun harus menikmati makan malam di restaurant hotel. Banyak makanan yang disediakan, termasuk makanan tradisional. Namun yang menarik perhatian saya hanya Kasoami. Dengar namanya saja sudah unik, wal hasil aku dan teman-teman penasaran ingin mencoba makanan khas orang Buton ini.

Tanpa pikir panjang,  saya terpaksa mencicipinya. Saya katakan terpaksa, sebab biasanya perut saya kadang tidak cocok dengan makanan yang berbahan dasar singkong. Namun, bentuknya yang unik menyerupai tumpeng ini sungguh, akan menghadirkan rasa penyesalan jika tidak mencicipinya. Makanan khas Buton, Wakatobi dan Muna ini, saat di makan tentunya  dipadukan dengan ikan bakar dan sambel, sama seperti makan nasi.

Salah seorang pelayan restauran Patuno Anies, menjelaskan, Kasoami diolah dari singkong yang sudah di bersihkan lalu diparut. Selanjutnya parutan singkong ini dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk tumpeng. Cetakannya dibuat dari daun kelapa yang dirajut hingga berbentuk kerucut.

Cetakan yang sudah diisi kemudian di kukus di atas priuk hingga mengeluarkan uap sebagai tanda Kasuami sudah siap dihidangkan. Tidak lupa, untuk menambah cita rasa makanan, Kasuami dihidangkan bersama lauk berupa ikan bakar atau ikan kering serta sambalnya.

Karena rasanya yang nikmat, makanan yang memiliki kandungan karbonhidrat tinggi ini menjadi primadona. Bahkan, sebagian teman- teman memesan Kasuami sebagai oleh-oleh untuk di bawah pulang ke kampung halaman.

Penulis : andi amriani

Leave a Reply