Ternyata Konsumsi Kopi Cocok untuk Kesehatan Mata

21
Bagikan via

Saat ini, sebagaian orang lebih banyak memilih warung kopi (warkop) sebagai tempat nongkrong. Entah, untuk santai bersama teman-teman, bahas masalah bisnis. Bahkan ada juga yang menjadikan warkop sebagai tempat untuk rapat, kegiatan seminar dan lainnya.

Tidak sedikit orang juga memilih untuk minum kopi, perempuan ataupun laki-laki. Kopi sudah menjadi minuman yang wajib di konsumsi setiap hari bagi pencandu kopi, bahkan ada yang meminum sampai empat kali sehari.

Nah, ternyata kopi itu banyak manfaatnya loh. Selain bermanfaat untuk menambah energi, mengurangi risiko diabetes, dan menjaga kesehatan jantung, kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Sebuah studi terbaru dari Cornell University, seperti dilansir dari laman doktersehat.com menemukan bahwa, minum kopi setiap hari memiliki efek positif pada kesehatan mata.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry ini mengungkapkan, bahan utama dalam kopi mentah yaitu—chlorogenic acid (CGA)—dapat melindungi mata dari kemungkinan kebutaan akibat degenerasi retina karena glaukoma, penuaan atau diabetes.

Uji coba penelitian dilakukan pada seekor tikus, di mana para periset memberikan mata tikus nitric oxide, untuk menciptakan stres oksidatif dan radikal bebas yang menyebabkan degenerasi retina. Namun, saat mata tikus yang diobati dengan CGA, kerusakan retina justru tidak terjadi.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa CGA dapat menjadi neuroprotektan yang kuat untuk mencegah hipoksia, kondisi kurangnya pasokan oksigen di sel dan jaringan tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya. Hipoksia merupakan kondisi berbahaya karena dapat mengganggu fungsi otak, hati, dan organ lainnya dengan cepat.

Retina, lapisan tipis di belakang mata yang terbuat dari sel-sel yang peka cahaya dan sel-sel saraf lain yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengatur informasi visual—rentan terhadap hipoksia.

“Retina adalah salah satu jaringan yang paling aktif secara metabolik di dalam tubuh, mengonsumsi oksigen lebih cepat daripada jaringan lain, termasuk otak,” kata para peneliti.

Sementara itu, Robert Bittel, O.D., dari Health Promotions Committee, American Optometric Association mengungkapkan, meski penelitian ini menjelaskan manfaat dari minum kopi, ia menyarankan untuk melakukan penelitian lanjutan.

Manfaat Minum Kopi

Secara biologis, kopi mengandung ribuan komponen. Sebagian komponennya bersifat aktif dan dapat memengaruhi kesehatan manusia.

Beberapa komponen aktif yang terdapat dalam kopi adalah kafein, asam klorogenat, melanoids, kahweol, dan cafestol. Efek biologis kopi meliputi stimulasi sistem saraf sehingga mencegah kantuk, mengurangi radikal bebas dan peradangan dalam tubuh, serta bersifat antikanker.

·         Menurunkan risiko diabetes

·         Menurunkan risiko Parkinson

·         Menjaga kesehatan jantung

·         Menurunkan risiko penyakit organ hati

 

Editor  : andi amriani

Sumber : doktersehat.com

Leave a Reply