Bermasalah dengan Kulit Kering, Begini Cara Mengatasinya

43
Bagikan via
Kulit Kering/INT

Untuk memancarkan aura kecantikan seseorang, hal yang paling utama dilakukan yakni merawat kulit. Sebab kulit meindungi tubuh kita dari kuman. Kondisi kulit juga seringkali dapat menjadi pertanda dari masalah medis tertentu dalam tubuh.

Namun, untuk mendapatkan kulit yang sehat bukanlah hal yang mudah. Seringkali ada masa di mana kulit menjadi bermasalah. Salah satu hal yang umum terjadi adalah kulit kering.

Kulit yang kering ditandai dengan kulit terasa kencang atau tertarik, yang umumnya terjadi setelah mandi, kulit tampak berkerut, kusam, kasar, dan kadang terasa gatal. Pada kondisi yang cukup berat, kulit kering bisa disertai kemerahan, tanda peradangan, dan terkelupas.

Kondisi kulit kering ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak hingga orang tua, tanpa memandang jenis kelamin atau jenis kulit. Meski demikian, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan mengalami kulit kering yaitu usia tua (lebih dari 65 tahun) serta tinggal di daerah kering dan dingin.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit kering, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal seperti cuaca, udara kering, berada di ruangan dengan pendingin udara (air conditioner), pakaian yang terlalu ketat, penggunaan sabun atau deterjen pakaian.

Sementara faktor internal contohnya adalah penuaan, mengalami alergi, adanya penyakit kulit tertentu seperti eksim dan penyakit kulit lainnya, serta penyakit lain seperti penyakit gula, penyakit ginjal, dan infeksi HIV.

Karena itu, kulit kering perlu mendapat perawatan yang tepat.

Cara Merawat Kulit Kering

  • Hindari menggunakan air dengan suhu terlalu panas. Anda boleh saja mandi dengan air hangat, sekitar satu derajat di atas suhu tubuh yaitu 38oC. Di atas itu, kulit Anda dapat menjadi semakin kering karena air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit.
  • Gunakan sabun khusus untuk kulit kering. Sabun tersebut biasanya mencantumkan label “moisturizing” atau melembapkan. Sedapat mungkin pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi ataupun pewarna.
  • Gunakan pelembap. Setelah mandi kulit biasanya akan terasa kering dan kesat akibat minyak alami yang ikut terangkat. Karenanya segera setelah tubuh dikeringkan, gunakan pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Gunakan pelembab alami yang mengandung vitamin e, minyak alpukat, minyak biji aprikot dan vitamin A.
  • Gunakan krim anti peradangan. Bila kulit kering Anda disebabkan oleh peradangan kulit, berkonsultasilah dengan dokter. Dokter biasanya akan memerikan krim steroid yang disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.
  • Minum air putih cukup. Kulit kering seringkali menjadi pertanda tubuh yang dehidrasi (kekurangan cairan). Usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda yaitu 1,5–2 liter per hari.
  • Perawatan dari dalam. Selain perawatan dari luar, Anda juga dapat melakukan perawatan dari dalam untuk mengatasi kulit kering. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, kulit yang kering dapat terjadi karena paparan terhadap radikal bebas yang tinggi.

Editor    : andi amriani

Sumber : klikdokter.com  

Leave a Reply